Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

DETEKSI PENYAKIT LEWAT LIDAH


BAGI medis, lidah dapat menjadi tolak ukur apakah seseorang terjangkit penyakit. Namun, pernahkah Anda berpikir bahwa lidah seperti apa yang mendeteksi suatu penyakit?

Jika Anda pernah berobat, dokter pasti menyuruh untuk menjulurkan lidah. Menurut Dr Krishnakant Dhebri, spesialis gizi mengatakan, ukuran lidah, warna, dan tekstur dapat mendeteksi kesehatan pasien. Lidah dinilai sebagai sinyal dari gejala suatu penyakit. Untuk mengetahui kita terserang penyakit atau tidak, kita dapat melakukan pemeriksaan pada lidah.

“Lidah tidak hanya mendeteksi bahwa Anda terkena sariawan, tetapi juga dapat mendeteksi kanker lidah, penyakit paru-paru, ginjal, dan penyakit kanker lainnya,” kata Dr Krishnakant, sebagaimana dilansir Boldsky, Senin (11/1/2013).

Lidah yang berubah warna menjadi cokelat atau kehitaman, dinilai Dr Krishnakant merupakan kelebihan tembakau, gula, dan minyak. Lidah yang berwarna merah mudah menandakan bahwa orang tersebut menderita demam berdarah. Jika terdapat lapisan putih tebal di lidah tengah, hal tersebut menandakan bahwa ada gangguan pada organ hati dan empedu.

Selain dilihat dari warna, permukaan lidah juga dapat mendeteksi penyakit di dalam tubuh. Contohnya, lidah yang memiliki tekstur tak beraturan, menandakan bahwa seseorang menderita kekurangan zat besi atau anemia pernisiosa.

Tak hanya menjaga kesehatan gigi, kesehatan lidah pun sangat penting. Untuk menjaga kesehatan lidah, Anda dapat menggosok lidah menggunakan sikat gigi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar