Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MAKANAN YANG DAPAT MERUSAK GIGI

MERAWAT gigi memang tak hanya dilakukan melalui perawatan rutin semata. Perlu ada pemeliharaan dari kebiasaan sehari-hari yang dilakukan, salah satunya memerhatikan makanan yang dikonsumsi.

Makanan tidaklah semuanya menyehatkan bagi gigi. Ada beberapa makanan yang bermanfaat bagi tubuh, namun sesungguhnya tak memiliki efek baik terhadap gigi. Apa sajakah itu? Berikut
makanan yang dapat merusak gigi
anda


Apel

Mungkin Anda tidak percaya bahwa apel merupakan makanan yang buruk untuk gigi. Tapi sesungguhnya, hal itu merupakan kebenaran. Para ilmuwan memperkirakan bahwa ada beberapa jenis apel yang mengandung empat sendok teh gula yang bisa meningkatkan keasaman mulut. Meski demikian, apel memiliki kalsium yang mampu menetralkan asam dan memperkuat jaringan tulang, termasuk gigi.

Menurut David Vartlett, Kepala Departemen Prostodonsia di King’s College, masalahnya bukan pada apa yang harus dimakan, tapi bagaimana kita memakannya. Ketika seseorang makan apel perlahan, kadar asam dalam apel tinggi sehingga berpotensi merusak gigi.

Hal ini telah disimpulkan penelitian terhadap 1.000 orang berusia 18-30 tahun. Para peneliti sangat tertarik pada hubungan antara apa yang dikonsumsi oleh responden dan masalah pada enamel dan dentin. Mereka menemukan bahwa responden yang menyukai apel memiliki risiko 3,7 kali lebih tinggi kerusakan gigi.



Minuman yang merusak gigi

Anggur, bir, dan jus buah juga makanan yang buruk bagi gigi. Bahkan, minuman tersebut memberikan risiko empat kali lebih tinggi kerusakan gigi bila dikonsumsi secara teratur. Namun, jus buah masih menjadi minuman sehat. Anda bisa menggunakan sedotan saat meminum jus buah dan pilihlah jus buah segara tanpa gula.



Cereal bar

Mengapa makanan ini buruk bagi gigi? Rupanya diketahui bahwa cereal bar mengandung gula dalam jumlah besar.



Permen karet

Ini memang masih kontroversi apakah permen karet masuk dalam kategori makanan buruk bagi gigi. Ada dokter gigi yang mengatakan bahwa permen karet baik untuk gigi, namun ada yang mengatakan berbahaya.
Menurut Dr Junket dari Boston University, beberapa permen memang bebas gula. Namun permen, terutama yang rasa buah mengandung kadar asam cukup tinggi. Asam inilah yang akan memengaruhi enamel gigi dan meningkatkan risiko kerusakan gigi.
Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa mengunyah permen karet setelah makan besar dan ngemil dapat mengurangi 40 persen risiko kerusakan gigi.
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar