Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

CARA MEMBUKA USAHA

JAKARTA - Keuangan keluarga beres bisnis pun sukses. Slogan tersebut menjadi andalan dalam membuka usaha melalui sebuah permainan Smart Money Game.
Hal tersebut disampaikan Ketua Penyelenggara Smart Money Game Mike Rini Sutikno , di Indonesia Creative Center Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (13/1/2013).

"Smart Money Games adalah sebuah permainan simulasi  perencanaan keuangan dan bisnis untuk para pengusaha yang ingin membuka bisnisnya tapi melalui sebuah game atau permainan layaknya permainan monopoli," tuturnya.

Mike menambahkan, tujuan dari permainan ini untuk pembelajaran mengenai ketergantungan utang kepada pebisnis yang ingin membuka peluang usahanya. Menurutnya, apabila ingin berutang, hanya untuk bertujuan produktif dan bukan konsumtif.

"Lalu di sini pebisnis juga diajarkan bagaimana cara melipatgandakan keuangan mereka, jadi apa yang sudah mereka miliki baik berupa aset maupun mempunyai income (gaji) itu kemudian bisa diusahakan dan dikembangkan," jelasnya.

Tujuan lainnya, agar peserta bisa belajar mendapatkan passive income (penghasilan yang didapat tanpa harus bekerja di sebuah perusahaan). Di samping itu, usia produktif seseorang terbatas seperti pensiun, maka setelah pensiun seseorang harus tetap miliki penghasilan dengan cara belajar untuk mendapatkan passive income.

"Dalam permainan ini kita belajar bagaimana mendapatkan penghasilan tanpa harus bekerja seumur hidup dan sebenarnya untuk menjadi pebisnis, kita membutuhkan simulasi-simulasi terlebih dahulu seperti permainan Smart Money Game ini," bebernya.

Lanjut Mike, hal tersebut dilakukan karena dalam kehidupan sesungguhnya, seorang pengusaha atau pebisnis pasti melakukan kesalahan dalam mengeluarkan biaya. Sedangkan dalam permainan ini, biaya yang keluar berupa selembar kertas mainan berupa uang-uangan yang bisa dikelola untuk membangun suatu usaha.

"Intinya permainan ini adalah untuk pembelajaran atau simulator bagi pebisnis yang ingin membuka usahanya tapi ingin tahu dampak positif dan negatifnya seperti apa melalui Smart Money Game ini," tandasnya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar