Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PENYEBAB BANJIR DIJAKARTA

JAKARTA- Sejak Selasa, 15 Januari malam hingga Rabu, 16 Januari, sejumlah wilayah di Ibu Kota Jakarta terendam banjir. Apa penyebab banjir di Jakarta?

Menurut Kepala Pusat Meteorologi Publik, Mulyono Prabowo, banjir yang menyebabkan beberapa jalan di Jakarta terputus disebabkan curah hujan di wilayah Bogor, Jawa Barat, pada Selasa kemarin yang mencapai 100 milimeter.
"Hujan kemarin selama satu hari mencapai 100 milimeter. Ini dapat meningkat 300-400 milimeter selama sebulan," kata Prabowo, di Kantor BMKG, Jalan Angkasa 1 No. 2, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2013).

Selain hujan dengan intesitas tinggi, sambung dia, banjir di Jakarta juga dipengaruhi siklus pasang-surut air laut. Prabowo mengatakan, pada pertengahan bulan hingga akhir bulan Januari sedang terjadi air pasang. "Kami menduga air hujan dari daerah hulu yang melalui  sungai di Jakarta tertahan masuk ke laut karena air pasang," tuturnya.

Prabowo menjelaskan, selain dua faktor utama tersebut, masih ada beberapa faktor yang menyebabkan wilayah Jakarta terendam banjir yakni penyimpangan tata ruang kota, tersumbatnya air sungai dan sistem drainase yang buruk.

Lebih lanjut, dia menuturkan periode musim penghujan yang terjadi pada November 2012 hingga Maret 2013, memang puncaknya terjadi pada Januari sampai Februari. "Peluang terjadinya curah hujan dengan intesitas tinggi dapat terjadi pada renang waktu antara pertengahan Bulan Januari hingga pertengahan Bulan Februari," imbuhnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar