Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SITU CILODONG JEBOL


DEPOK - Tak hanya di Jakarta, Depok yang merupakan salah satu daerah hulu setelah Jakarta juga ikut kebanjiran. Hingga kini Perumahan Taman Duta dan Bukit Cengkeh, Sukmajaya, Depok masih terendam banjir setinggi satu meter.

Tak hanya itu, akibat jebolnya tanggul di Situ Cilodong Depok, juga membuat ratusan rumah di Perumahan Griya Studio Alam kebanjiran. Di Dalam rumah warga bahkan ketinggian mencapai 50 cm hingga 1 meter.

Ketua RT Riman Dalas RT 007/09 Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok mengatakan, jumlah pengungsi mencapai 100 jiwa. Pengungsi tidur sementara di Masjid Al Latifah sejak pagi tadi.

"Jam 4 pagi tadi langsung meluap, ada pintu air di situ Cilodong dibuka, Outlatenya, Inlatenya terlalu tinggi, dari pintu air mengalir dari Katulampa ke Situ Cikaret, lalu ke situ Cilodong," paparnya di lokasi, Jumat (18/01/2013).

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail menambahkan bahwa umumnya banjir yang terjadi di perumahan itu karena berada di bantaran sungai, kali, dan saluran air. Kemudian juga posisi perumahan itu berada di daerah cerukan dan tak memiliki buangan air.

Sehingga ketika terjadi hujan dengan intensitas rendah maupun tinggi akan terjadi banjir. Untuk mengantisipasi hal itu ia menyarankan agar perumahan secara swadaya membuat saluran air yang terbuat dari pipa plastik. Pipa itu dibangun mengarah ke titik terendah permukaan tanah dan kemudian di saluran ke pembuangan.

"Seperti halnya di Perumahan Griya Studio Alam ini. Penanganan banjir dan longsor di Depok dalam jangka panjang akan menggunakan APBD, karena penanganannya dengan membangun drainase dan turap.
Untuk penanganan instan maka digunakanlah dana tanggap darurat," ungkap Nur Mahmudi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar