Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PENYEBAB TANGGUL LATUHAHARY JEBOL

JAKARTA - Banjir yang menggenangi kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada Kamis 17 Januari lalu, disebabkan jebolnya tanggul di Banjir Kanal Barat (BKB) tepatnya di kawasan Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat.

Namun, hingga kini belum diketahui penyebab tanggul di Latuharhary tersebut bisa jebol. Padahal, kawasan tanggul di BKB baru saja direvitalisasi pada tahun 2009 lalu.

Menurut Direktur Sungai dan Laut Ditjen Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum (Kemen PU), Pitoyo Subandrio, jebolnya tanggul di Latuharhary disebabkan daerah tersebut merupakan bagian hulu BKB. Sehingga terjangan air paling kuat terjadi disana.

"Nah karena yang palin hulu di Latuharhary, maka limpasan terjadi disana yang paling hulu," kata Pitoyo, kepada wartawan, di Kantor Pusat Komando Penanggulangan Bencana Nasional, di Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU), Jalan Patimura, Jakarta Selatan, Jumat (18/1/2013).

Selain itu, kata dia, ketinggian tanggul dikawasan Latuharhary juga belum diganti dengan tanggul yang baru. "Disana masih tanggul tanah," jelasnya.

Pitoyo menjelaskan, tanggul Latuharhary yang jebol tersebut segera akan diganti oleh Kemen PU dan saat ini kontrak pekerjaan sudah berjalan.

Proyek tersebut, sambung Pitoyo, tidak hanya memperbaiki tanggul Latuharhary saja yang jebol, melainkan juga ada proyek penambahan satu daun pintu di Pintu Air Karet, Manggarai dan lubang-lubang dipinggirannya serta normalisasi dari BKN dari Manggarai sampai Istiqlal.

"Nantinya Kanal Barat akan mampu dan siap dialiri air hingga 75 meter kubik perdetik," tegasnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar