Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PENINGKATAN CURAH HUJAN TERJADI AHIR PEKAN

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), memperkirakan curah hujan dengan intensitas tinggi masih akan terjadi beberapa hari ke depan khususnya wilayah Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Menurut Deputi Meteorologi BMKG, Soepriyo, dalam waktu satu dan dua hari ke depan kondisi cuaca akan membaik, namun diprakirakan curah hujan akan meningkat pada akhir pekan.

"Peningkatan curah hujan akan terjadi pada akhir pekan ini, akan terjadi khususnya di daerah Depok dan Bogor," kata Soepriyo, di Kantor BMKG, Jalan Angkasa 1 No. 2, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2013).

Sementara Kepala Pusat Meteorologi Publik, Mulyono Prabowo, mengatakan hujan deras yang menyebabkan banjir di Jakarta beberapa hari kemarin disebabkan oleh badai tropis Narelle yang sudah berhenti pada 15 Januari lalu. Namun, berhentinya badai tersebut tidak serta merta membuat sistem cuaca mati karena sistem cuaca lain akan segera terbentuk.

"Pada citra satelit yang dipantau 24 jam terakhir ada pertemuan angin pada bumi bagian utara dan bagian selatan yang membentuk arus serta bertemu di Sumatera bagian selatan, Jawa hingga Nusa Tenggara," imbuhnya.

Pertemuan air ini, sambung dia, juga membawa uap air yang kita ketahui berasal dari lautan sehingga sangat potensial membentuk awan. Lebih lanjut, Prabowo mengatakan kondisi cuaca Jabodetabek yang pada siang hari ini cerah, bukan berarti pengurangan intesitas hujan. Namun, merupakan pembentukan energi yang akan diturunkan pada sore ataupun malam.

"Kami memperkirakan hujan beberapa hari ke depan akan terjadi pada sore dan malam hari," jelasnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar