Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TUMBANG ANAK

Jakarta, Tumbuh kembang anak harus menjadi prioritas utama orangtua, bahkan sejak sebelum kehamilan dengan mengoptimalkan gizi ibu. Setelah bayi lahir, orang tua dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak dengan memperhatikan faktor-faktor fisik yang mempengaruhinya.

Optimalnya perkembangan bayi dapat berpengaruh hingga kehidupannya kelak ketika dewasa. Perkembangan bayi yang terlambat dapat menyebabkan lemahnya kondisi fisik, otak yang kurang cerdas, mental yang buruk, serta tinggi dan berat badan yang kurang optimal.

Berikut adalah 4 faktor fisik yang sangat mempengaruhi perkembangan anak-anak, seperti :

1. Sentuhan ibu
Pelukan dan sentuhan menenangkan dari ibu terhadap bayinya bukan hanya merupakan suatu ungkapan kasih sayang semata. Tetapi hal ini dapat mempromosikan perkembangan otak selama masa pertumbuhan.

2. Makanan
Bayi membutuhkan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Makan berbagai makanan sehat sangat penting untuk perkembangan termasuk tinggi badan anak, jumlah aktivitas dan bagaimana tubuhnya mampu memanfaatkan kalori.

Tanyakan ke dokter untuk mendapatkan bimbingan tentang jenis-jenis makanan bergizi yang aman dikonsumsi oleh bayi Anda serta berapa banyak makanan yang dibutuhkan bayi.

3. Trauma
Pengalaman traumatis seperti merasa ditelantarkan oleh orangtua dapat meninggalkan dampak negatif terhadap perkembangan otak anak. Balita yang telah mengalami keterlambatan perkembangan harus berjuang lebih keras untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya ketika memasuki usia sekolah kelak.

4. Kegiatan fisik
Aktivitas fisik yang konsisten dapat meminimalkan risiko obesitas dan meningkatkan pertumbuhan tulang. Selain itu, aktivitas fisik juga meningkatkan kekuatan otot dan mendukung perkembangan fisik yang kuat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar