Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PERSOALAN BAWANG PUTIH TUNTAS

JAKARTA, Kementerian Perdagangan bersama Kementerian Pertanian, terus mengupayakan solusi untuk menstabilkan harga bawang putih di tingkat konsumen. Dalam merespon kenaikan harga bawang putih belakangan ini, Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai telah besinergi mengupayakan solusi terbaik bagi masyarakat.
Kemendag, telah melakukan inspeksi mendadak terhadap gudang importir produk hortikultura pada 15 Maret 2013 untuk memastikan ketersediaan bawang putih, yang kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Pasar Induk Kramat Jati untuk mengecek harga bawang putih.
Kemendag telah memanggil 14 Importir Terdaftar (IT) Produk Hortikultura, pemilik kontainer berisi bawang putih yang ditahan di pelabuhan Tanjung Perak. Yang paling penting adalah ketersediaan bawang di pasar dan harga terjangkau bagi masyarakat, tegasnya dalam konferensi pers bersama dengan Menteri Pertanian Suswono hari ini, Senin (18/3/2013), di Auditorium Kemendag.
Empat belas perusahaan importir tersebut adalah PT. Ridho Sribumi Sejahtera, PT. Binagloria Enterprindo, PT. Rachmat Rejeki Bumi, PT. Lika Dayatama, PT. Tunas Sumber Rejeki, PT. Pentabiz Internasional, CV. Agro Nusa Permai, PT. Wahana Mitra Mulia, PT. Painan Jintai Resources, PT. Sumber Roso Agromakmur, PT. Dakai Impex, PT. Citra Gemini Mulia, PT. Cahaya Anugerah Abadi Sejahtera, dan PT. Asta Para Wisinda Sentausa.
Pada kesempatan ini, Mendag juga mengungkapkan bahwa dari 14 importir tersebut, ada tiga importir yang di duga melanggar ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu PT. Lika Dayatama, PT. Pentabiz Internasional dan PT. Citra Gemini. Untuk PT. Lika Dayatama dan PT. Pentabiz Internasional, barang yang diimpor melebihi alokasi persetujuan impor, sementara itu PT. Citra Gemini melanggar peraturan dengan menggunakan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) yang sudah tidak berlaku. "Kami akan mengkaji lebih lanjut sanksi atas pelanggaran yang telah dilakukan," jelasnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar