Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

KONTAINER BAWANG PUTIH SUDAH DILEPAS KE PASAR

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengaku telah melepas 293 kontainer pengangkut bawang putih akhir pekan lalu. Identifikasi dilakukan dari sekira 500 konteiner mengangkut bawang putih.

Menteri Perdagangan (Menda) Gita Wirjawan mengatakan, dari jumlah tersebut sudah 332 kontainer memenuhi syarat Rekomendasi impor Produk Hortikultura (RIPH) dari kementerian Pertanian dan Surat Persetujuan Impor (SPI) dari Kemendag. Sedangkan yang sudah dilepas ke pasar sebanyak 293 konteiner.

"Konteiner tersebut sudah dilepas Jumat lalu, sudah tercermin penurunan harga di berbagai tempat," ujar Gita dalam konfrensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (18/3/2013).

Gita mengatakan, kontainer tersebut dilepas secara bertahap setelah Kemendag dan Kementan melakukan penandatanganan peraturan melindungi kontainer-kontainer untuk masuk ke distributor.

Menurut dia, pelaku usaha terkait akan menjual bawang putih pada distributor dengan Rp 15ribu per kilogram. "Peraturan Kemendag dan Kementan akan memayungi ratusan kontainer tersebut," tukas dia.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 200 ribu ton bawang putih impor tertahan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Hal itu diduga menjadi pemicu melambungnya harga bawang putih karena kebutuhan di pasar berkurang.

Data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), jumlah bawang putih impor yang tertahan mencapai 392 kontainer. Di mana setiap 20 kontainer berisi 500 ton bawang putih.

Menurut Kadisperindag Jatim Budi Setiawan, bawang putih itu ditahan karena tidak dilengkap dengan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) dari Kementerian Pertanian dan Surat Persetujuan Impor (SPI) dari Kementerian Perdagangan. (mrt)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar