Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Demo Buruh diSurabaya

SURABAYA,  - Selama dua hari terakhir (19-20/11), Kota Surabaya diguncang demo buruh berskala besar. Kaum populer perkotaan ini menuntut UMK untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya (Gresik, Mojokerto, Pasuruan, dan Mojokerto) sebesar Rp 2,2 juta.
Pada demo buruh hari ini di kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan Surabaya, ribuan demonstran itu dibubarkan paksa dengan disemprot air. Langkah itu diambil karena buruh memaksa masuk gubernuran. Mereka juga terlibat adu otot dengan aparat kepolisian yang sudah bersiaga di lokasi.
Sempat terjadi aksi lempar botol mineral, sehingga polisi pun akhirnya membubarkan paksa aksi unjuk rasa buruh tersebut, dengan menghalau buruh menjauhi kantor Gubernur Jatim. Setelah dibubarkan dengan semprotan air, buruh lari berhamburan karena dikejar polisi.
Banyak buruh dengan mengendarai sepeda motor menuju Jalan Kramat Gantung Surabaya. Selain itu, polisi terus men-sweeping buruh yang ada di sekitar kantor Gubernur Jatim dan meminta demo buruh untuk segera bubar. Kapolrestabes Surabaya Kombespol Tri Maryanto tampak turun ke lapangan untuk memimpin anak buahnya mengendalikan situasi dan pengamanan demo buruh tersebut.
Sebelum dibubarkan dengan semprotan air oleh petugas, aksi buruh itu sempat memanas saat kaum buruh itu mendorong barikade pagar kawat berduri. Buruh juga sempat memblokir ruas Jalan Pahlwan Surabaya. "Kami minta Gubernur Soekarwo menemui buruh. Jika tidak segera menemui, maka kami akan memaksa masuk," teriak para buruh sambil mendorong kawat berduri sebelum dibubarkan dengan semprotan air.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar