Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

bahaya menstruasi tertunda

Menstruasi Tertunda, Bahayakah?

detail berita
Resah karena terlambat menstruasi (Foto: Hipstercrite)
TERTUNDANYA menstruasi adalah masalah umum yang sering terjadi pada wanita. Penyebabnya pun bermacam-macam. Stres bisa menjadi faktor besar, tapi selain itu, nutrisi yang tidak memadai atau kebanyakan berolahraga bisa menjadi penyebabnya.

Anehnya, meski menstruasi tertunda adalah masalah yang umum, masih banyak wanita yang tidak mengetahui apa penyebabnya. Mereka perlu belajar lebih banyak, mendengar tentang alasan, terapi, serta bagaimana cara pencegahannya.


Apa penyebabnya?

Tertunda menstruasi adalah masalah yang disebut amenorea. Ada banyak alasan yang berbeda yang dapat menyebabkan kurangnya menstruasi. Stres bisa menjadi faktor besar, tapi selain ini, nutrisi yang tidak memadai atau berlebihan berolahraga juga dapat menyebabkan terlambat haid, demikian seperti yang dilansir Steadyhealth.

Seorang wanita dengan masalah ini harus makan dengan benar dan berkonsentrasi pada makanan dan rempah-rempah yang menyehatkan tubuh serta membantu meringankan stres dalam hidup.

Tak ada salahnya memanjakan diri sendiri untuk menghilangkan stres. Mandi dengan air hangat setiap malam bisa membuat tubuh Anda rileks. Anda juga bisa menambahkan sedikit minyak lavender atau mungkin beberapa Ylang Ylang, sambil membakar lilin aroma terapi, dan memutar musik yang tenang.

Lavender adalah ramuan yang dikenal untuk menenangkan dan membuat Anda merasa tenang. Sementara Ylang Ylang adalah kontraktor rahim kuat. Dengan terapi seperti ini, memungkinkan Anda terbebas dari masalah haid yang tertunda.

Haruskah berkonsultasi ke dokter?

Terlambat menstruasi mungkin suatu bawaan. Jika ibu Anda terlambat mulai mendapat haid, jangan khawatir jika Anda tidak berkembang dengan tingkat yang sama seperti teman Anda. Namun jika Anda berusia 16 tahun dan belum mendapatkan menstruasi, temui dokter untuk memeriksa apakah ada kelainan.

Jika haid tiba-tiba berhenti dan Anda aktif secara seksual, mungkin penyebabnya adalah kehamilan. Jadi, lakukan tes kehamilan sebelum berkonsulatasi ke dokter. Temui dokter jika haid tidak datang selama enam bulan dan Anda tidak hamil atau menopause.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar