Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Cara Menghilangkan kutu rambut

Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut – Punya rambut indah, lurus, halus, bersih, berkilau serta sehat mungkin adalah dambaan setiap orang. Tapi bagaimana jika malah punya kutu rambut? Kesemua hal diatas seperti tak berarti lagi bukan? Karena kutu rambut tak hanya membuat rambut anda tak sehat tetapi membuat kulit kepala anda terasa sangat gatal dan ingin terus menggaruknya, karena kutu rambut adalah salah satu serangga yang menghisap darah anda tepatnya darah dikulit kepala anda. Masalah seriusnya yaitu ketika anda sedang memiliki kutu rambut,  anda tak bisa berkonsentrasi penuh terhadapa apa yang sedang anda lakukan. Apalagi jika kutu rambut menghinggapi anak-anak, pasti niai si anak tersebut bakalan menurun karena ia tak dapat berkonsentrasi.
 Kutu rambut memiliki ukuran yang sangat kecil, untuk jantannya memiliki ukuran sekitar 2 mm, sedangkan untuk betina agak sedikit lebih besar karena sibetina biasanya mengandung banyak telur didalam perutnya. Perkembangbiakannya sendiri sangatlah cepat karena si betina sekali menetaskan telurnya cukup banyak.
Seranga kecil ini biasanya muncul dikulit kepala anda karena tertular atau terjangkiti ketika anda sedang tidur dengan orang yang memiliki kutu rambut dan apabila anda juga tak sering berkeramas, inilah tempat yang paling nyaman buat si seranggga kecil ini. 
Nah, jika anda sedang memiliki si serangga kecil ini dikulit kepala anda dan cukup membuat anda gerah dan sebal menghadapinya. Kita kali ini akan membahas cara menghilangkan kutu rambut, silahkan baca dengan baik tips berikut ini:
Menggunakan Sisir Kutu Rambut
Cara ini merupakan cara menghilangkan kutu rambut yang sudah cukup lama diterapkan di Indonesia tapi masih sangat banyak orang yang menggunakannya karena terbukti secara langsung dapat mengangkat kutu rambut dan telurnya lantaran jarak anak sisir sangatlah rapat. Untuk menggunakan sisir kutu rambut, pastikan rambut anda tidak dalam keadaan kusut karena dapat membuat anda sakit hingga merontokkan rambut anda ketika anda menyisirnya. Untuk menyiasatinya, gunakanlah minyak kelapa pada rambut anda terlebih dahulu sehingga membuat rambut anda tak kusut dan mulus ketika anda menyisirnya.
Menggunakan Bawang Merah
Cara menghilangkan kutu rambut ini juga biasa diterapkan oleh orang-orang tua kita dulunya, caranya ambillah 5 siung bawang merah lalu haluskan sampai benar-benar halus. Lalu oleskan pada pangkal rambut hingga ujung rambut anda. Kemudian pijat-pijat kulit kepala anda agar dapat lebih meresap dan khasiatnya dapat cepat terasa.
Menggunakan Minyak
Kelapa
Minyak kelapa dapat mematikan kutu rambut karena membuat si serangga kecil ini dehidrasi lalu mati. Caranya, oleskan minyak kelapa dari pangkal hingga ke ujung rambut. Lalu tutup kepala anda dengan plastik topi mandi, biarkan selama 6 jam, kemudian bersih rambut anda dengan shampo. Cara ini sebaiknya anda lakukan dimalam hari agar tak menggangu aktivitas anda dan sebaikny dilalukan selama seminggu.
Menggunakan Cuka Putih
Cuka putih ini bermanfaat untuk mensterilkan kulit kepala anda dari telur-telur kutu rambut yang masih tersisa dikulit kepala anda lantaran cuka putih mempunyai kandungan zat yang dapat menggagalkan penetesan si telur kutu rambut. Caranya cukup oleskan di pangkal hingga ujung rambut anda,  biarkan sampai 2 jam. Lalu bilas dengan air bersih rambut anda. Cara ini sebaiknya juga anda lakukan hingga 3 kali untuk memastikan tak ada lagi telur kutu rambut yang dapat menetas.
Menggunakan Kapur Ajaib
Walaupun cara menghilangkan kutu rambut ini sudah bukan termasuk cara alami lagi, tapi cara ini termasuk cara yang cukup ampuh dan sangat cepat membasmi kutu rambut. Dipasaran sendiri sudah cukup banyak tersedia kapur ajaib atau kapur pembunuh serangga dengan berbagai merek tentunya. tinggal pilih saja yang anda inginkan.
Memangkas Rambut
Ini adalah cara menghilangkan kutu rambut termudah yang dapat anda lakukan, tapi jika anda bersedia siap untuk botak. Jika bagi anda tak masalah, pangkaslah rambut anda dirumah jangan ditempat pangkas rambut agar kutu anda tak terjangkiti kepada orang lain.

Tips Menghindari Kutu Rambut

Nah, jika kutu rambut sudah lenyap dari kepala anda. Kini saatnya memastikan bahwa anda atau keluarga anda tak akan pernah terjangkiti kutu rambut lagi. Caranya yaitu:
1. Terapkan cara mengatasi kutu rambut diatas secara berkala, sepeti menggunakan minyak kelapa sebulan sekali. Ini diharapkan agar jika ada kutu rambut beberapa ekor bisa langsung mati sebelum menjadi semakin banyak.
2. Jangan tidur berdekatan dengan orang yang memiliki kutu rambut karena kutu rambut dapat meloncat.
3. Periksa keluaga anda, ini untuk memastikan bahwa keluarga anda yang lain sudah terjangkiti kutu rambut apa belum. Jika sudah, lakukan segera penanganan diatas.
4. Pisahkan barang anda, jangan pernah menempatkan topi ataupun jilbab anda ditempat yang sama, apalagi ditempat yang sama dengan barang orang yang memiliki kutu lantaran kutu dapat meloncat dengan mudah jika berdekatan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar