Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

REZEKI DIBALIK BANJIR

JAKARTA,  - Air yang menggenangi empat kelurahan di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, sejak Kamis (17/1/2013) pekan lalu, memaksa ribuan orang mengungsi. Kerugian harta benda dan korban jiwa juga timbul akibat bencana ini. Namun, siapa yang menyangka, di balik semua kesusahan, masih ada sedikit "nikmat" di lokasi banjir. Seperti yang dialami warga setempat, Anton (27), dan Suryana (27).

Anton dan Suryana adalah warga RW 4 dan RW 11, Kelurahan Penjaringan. Sehari-hari, keduanya berprofesi sebagai petugas honorer Dinas Kebersihan DKI Jakarta. Sebagai pembersih sampah, Suryana diberi upah Rp 220.000 per bulan, sedangkan Anton Rp 750.000 per bulan. Anton memiliki penghasilan lebih besar karena wilayah kerjanya juga lebih banyak.

Sejak banjir melanda, keduanya praktis tak dapat bekerja. Sebuah gerobak sampah yang biasanya digunakan Anton untuk menampung sampah di tiga RT, kini diubah fungsi menjadi armada alternatif penembus banjir. Gerobak ditutup dengan sebuah papan, dan di atasnya dipasang sebuah kursi kayu untuk mengangkut penumpang. Masing-masing dari mereka bertugas menarik dan mendorong gerobak. Cukup sederhana, tapi menjadi salah satu pilihan warga yang ingin masuk dan ke luar lokasi banjir.

Dalam sehari, Anton dan Suryana bisa mengantar warga dua sampai tiga kali perjalanan bolak-balik. Dengan rute terjauh adalah dari Jalan Pluit Raya sampai Kantor Kelurahan Penjaringan. Tarif yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari Rp 30.000 - Rp 50.000 untuk satu orang dan satu kali perjalanan. Meski terbilang mahal, armada alternatif yang mudah ditemui di wilayah banjir Penjaringan ini cukup menjadi pilihan warga. Khususnya dari Jalan Pluit Raya menuju pos komando pengungsi di Kantor Kelurahan Penjaringan, yang jaraknya sekitar satu kilometer. Bila ditempuh dengan truk relawan, diperlukan waktu sekitar 10-15 menit dengan kecepatan maksimal sekitar 10 kilometer per jam. Sedangkan bila berjalan kaki, waktu yang diperlukan lebih dari 40 menit. Dengan armada alternatif tersebut, warga dapat menghemat waktu sekitar 10 menit dan terbebas dari basah akibat banjir.

"Hasilnya lumayan, buat nambah-nambah selama kita enggak bisa kerja," kata Anton saat ditemui , di Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (22/1/2013).

Hingga pukul 16.30 sore ini, banjir di wilayah Penjaringan masih setinggi 80 sentimeter. Dalam sehari ini, wilayah Penjaringan sempat diguyur hujan dengan intensitas sedang selama beberapa saat, pada siang, dan sore hari

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KERUGIAN AKIBAT BANJIR DIJAKARTA

Jakarta - Banjir Jakarta yang menerjang perumahan serta pusat bisnis, termasuk ikon Ibu Kota di Bundaran HI, mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit. Setidaknya Rp 20 triliun melayang akibat musibah langganan ini.

"Kerugian akibat banjir tidak sedikit. Kalau dihitung-hitung, total kerugian banjir pada tahun ini kira-kira mencapai Rp 20 triliun," kata Jokowi dalam acara silaturahmi antara DPRD Jakarta dengan Pemprov DKI di Balai Agung, Balaikota DKI, Jakarta (22/1/2013). Silaturahmi ini membahas mengenai penanganan banjir di Jakarta.

Terkait kerugian itu, Jokowi memiliki pendapat agar anggaran pemerintah yang digunakan untuk membayar kerugian akibat bencana banjir lebih baik dialokasikan untuk pembangunan deep tunnel.

Menurut Jokowi, pembangunan deep tunnel penting untuk dilaksanakan karena dianggap sebagai suatu skenario paling ampuh untuk mengantisipasi banjir di Ibu Kota.

"Deep tunnel ini merupakan solusi banjir jangka panjang. Jadi, daripada terus mengeluarkan uang untuk membayar kerugian, lebih baik kita membangun deep tunnel," ujar Jokowi.

Banjir Jakarta pada Kamis pekan lalu, bisa dibilang yang terbesar dalam 6 tahun terakhir. Kawasan Sudirman-Thamrin, tergenang. Tak hanya itu saja, air bahkan sampai merambah ke kawasan ring satu yakni ke Istana Negara.

Lebih 20 korban jiwa melayang akibat banjir ini. Bahkan dalam hitungan BNPB, jumlah pengungsi akibat banjir ini sempat mencapai 50.000 pengungsi.

Deep tunnel merupakan terowongan raksasa multifungsi, yang rencananya dibangun di bawah tanah ruas Jl MT Haryono hingga Pluit. Untuk pembangunan deep tunnel, Pemprov DKI menyediakan Rp 16 triliun secara multiyears selama 4-5 tahun. Terowongan ini diharapkan turut mengatasi masalah banjir dan kemacetan lalu lintas.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

GENG MOTOR DIAMUK WARGA


MAKASSAR - Ulah geng motor di Makassar, Sulawesi Selatan dalam beberapa hari terakhir kian meresahkan warga. Sabtu, 19 Januari 2012 malam warga melampiaskan kekesalannya dengan menghajar dua orang anggota geng motor. Warga kesal lantaran geng motor kerap kali membuat onar.

Emosi warga juga memuncak lantaran sesaat sebelumnya sekelompok anggota geng motor melakukan konvoi dengan melempar salah satu rumah warga hingga kaca rumah tersebut pecah.

Kedua pemuda ini pun menjadi bulan-bulanan warga saat mengetahui mereka terjatuh dari motor yang mereka kendarai di Jalan Gunung Nona Makassar. Bukannya menolong namun warga justru menghajarnya hingga babak belur.

Anggota geng motor ini terjatuh lantaran tak mampu lagi mengendalikan motornya akibat melaju dengan kecepatan tinggi. Tak hanya kedua pemuda ini yang menjadi sasaran amuk warga, motor mereka pun tak luput dari kemarahan warga.

Beruntung emosi warga dapat diredam oleh warga lainnya, hingga akhirnya nyawa kedua pemuda itu terselamatkan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

GADIS SMP DICULIK DAN DIPERKOSA

KEFAMENANU - Seorang remaja perempuan berusia 14 tahun di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi korban penculikan dan pemerkosaan.

R, remaja yang masih duduk di bangku kelas 7 SMP di Kota Kefamenanu, disekap dan disetubuhi oleh AM yang tak lain adalah kekasih korban. Tak hanya itu, R mengajak rekan-rekannya menggilir korban. Korban diketahui hilang dari rumah sejak 5 Januari 2013.

Informasi yang dihimpun, R hilang sejak diajak seseorang ke bank untuk membayar pajak. Selepas dari bank, dia dibawa ke rumah kosong dan diperkosa.

Setelah itu, R dibawa ke sebuah rumah yang biasa digunakan orang untuk mabuk, yakni di kawasan Tanahputih, Kefamenanu.

Seorang pria yang mengunjungi rumah itu, Eman Obawala, berusaha membebaskan korban, namun gagal. Kasus ini akhirnya dilaporkan ke polisi. Korban sudah melaporkan kasus ini ke polisi.

“Kami berupaya untuk lari, namun ada banyak anak mabuk dan duduk di depan pintu. Saat saya masuk, korban menceritakan dirinya sudah disetubuhi oleh beberapa orang,” ungkap Eman di Mapolres TTU, Senin (21/1/2013).

Saat menjalani pemeriksaan di unit SPK Polres TTU, korban terlihat masih trauma. Dia salah satu LSM lokal yang bergerak di bidang perlindungan anak.

“Dari hasil pengakuannya, sebelum kami dampingi di kantor polisi, korban mengaku mengalami kekerasan seksual berulang-ulang oleh beberapa orang selama hampir 10 hari disekap,” tutur Filiana Tahu, Direktur LSM Yabiku.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

PERPECAHAN PARTAI NASDEM

JAKARTA - Ketua Dewan Pakar Partai Nasdem, Hary Tanoesoedibjo memutuskan untuk hengkang dari Partai NasDem terhitung hari ini, Senin (21/1/2013).

Hary mengatakan bahwa alasanya dirinya mundur karena perbedaan pendapat dengan Ketua Majelis Partai NasDem, Surya Paloh.

"Kenapa saya memutuskan berhenti? Masalahnya sederhana supaya jelas agar tidak ada spekaluasi. Surya Paloh meminta adanya perubahan, beliau turun langsung menjadi ketua umum partai. Secara organisasi kami ada perbedaan," ujar Hary sata jumpa pers di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2013).

Perbedaan pendapat tersebut, lanjut Harry, membuat dirinya memilih hengkang dari Partai NasDem. "Pada satu titik pilihan saya untuk mengundurkan diri, hal ini bukan untuk kepentingan kelompok tetapi demi kepentingan bangsa," tuturnya.

Hary yakin Partai NasDem akan berkembang kendati dirinya tak lagi bergabung. "Partai NasDem sudah berkembang baik, anggota dan pengurusnya adalah kalangan muda, NasDem bisa diterima kalangan muda, bahkan 70 persen anak muda," kata Hary.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

MUSIM HUJAN, DISTRIBUSI PDAM TERGANGGU

DEPOK - Intensitas hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini membuat air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan, keruh. Hal itu menyebabkan PDAM Tirta Kahuripan sempat menghentikan distribus air bersih kepada pelanggan.

Humas PDAM Tirta Kahuripan cabang I Udin, mengatakan tingkat kekeruhan yang tinggi menyebabkan air tidak bisa diolah menjadi bersih. Selain itu banyaknya sampah di Sungai Ciliwung menyumbat pipa air sehingga aliran air di instalasi Depok terganggu.

Bahkan, PDAM sempat memadamkan aliran air ke rumah warga dua hari lalu. Meskipun demikian, kata Udin, saat ini aliran air ke rumah warga sudah berangsur normal.

“Memang ada pemadaman instalasi karena pipa air masuk sungai dihalangi sampah. Kita sudah bersihkan, saat ini sudah diperbaiki tadi pagi,” ujarnya di Depok, Selasa (22/1/2013).

Wilayah-wilayah di Depok yang masuk pada penghentian aliran air tersebut dalah Depok 1, Depok 2 Tengah, Depok 2 Timur, dan Taman Duta Cimanggis. Sebagian wilayah Bogor juga ikut terkena pemadaman aliran air PDAM yaitu Kedung Halang dan Cibinong, Citeureup.

Sementara itu, salah seorang warga pengguna PDAM Tirta Kahuripan Robino Hutapea, mengatakan air yang dialirkan PDAM menjadi sangat keruh sejak terjadinya banjir di Jakarta. Bahkan dirinya tidak berani menggunakan air PDAM tersebut untuk memasak.

“Untuk memasak saya memilih untuk membeli saja, karena airnya terlalu keruh,”ujar warga Cening Ampe Blok D, Cilodong, Depok, itu.

Robino mengatakan, sumber air PDAM di rumahnya memang bukan yang termasuk dari Sungai Ciliwung. Namun daerahnya tetap merasakan efek dari tingginya curah hujan tersebut. “Memang daerah saya sumber mata airnya bukan dari Ciliwung, tapi tetap saja airnya keruh,”ujarnya.

Warga lainnya di Pesona Khayangan, Ayu, mengaku aliran PDAM di Depok sempat berhenti satu hari. Namun saat ini sudah berangsur-angsur normal.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

152 PILKADA DIGELAR TAHUN INI

JAKARTA - Sebanyak 152 Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan pada 2014 mendatang, dimajukan pelaksanaanya menjadi tahun ini. Hal itu dibenarkan oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, usai mengikuti rapat kabinet paripurna di Kementrian Sekretariat Negara.

Gamawan mengatakan bahwa sebanyak 43 Pilkada di 2014 dimajukan ke 2013, sehingga total pelaksanaan Pilkada di tahun ini mencapai 152 di berbagai daerah di Tanah Air. Atas hal itu, lanjut Gamawan, pihaknya sudah mengajukan ke Komisi II DPR. Namun, pelantikan para kepala daerah tersebut tetap di 2014.

"Oh enggak, dia tetap saja pelantikannya tepat waktu, cuma pemilihannya saja yang dipercepat. Jadi tidak ada kurang dari lima tahun jabatan kepala daerah itu," tutur Gamawan, Selasa (22/1/2013).

Sementara terkait keamanan Tanah Air dengan diselenggarakanya sebanyak 152 Pilkada di tahun ini, Menko Polhukam Djoko Suyanto mengatakan tak ada masalah. Pasalnya di 2012 lalu juga dilaksanakan lebih dari 100 Pilkada dalam satu tahun.

"Tahun 2012 kan 100 lebih pilkada enggak ada masalah. Eggak ada masalah. Bahwa di sana sini ada konflik kecil ada. Jadi enggak ada masalah. Kan tersebar di masing-masing daerah," ujar Djoko.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

71 RUMAH RUSAK AKIBAT GEMPA DIACEH

JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan 6 Skala Richter yang mengguncang Aceh subuh tadi, menyebabkan 71 rumah warga rusak dan menewaskan satu orang, serta 15 lainnya terluka.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), getaran akibat gempa menyebabkan 35 unit rumah rusak berat, 36 rusak ringan, lima bangunan masjid rusak ringan, bangunan Pos Pemantan Gunung Peut Sague juga hancur, dan lima fasilitas kesehatan.

"Daerah yang paling parah adalah Kecamatan Mane, Geumpang, dan Tangse," tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan singkat yang diterima  di Jakarta, Selasa (22/1/2013).

Sementara korban meninggal merupakan warga Desa/Kecamatan Mane bernama Tuti. Dia tewas tertimpa reruntuhan bangunan rumahnya. Sedangkan 15 warga yang terluka, lima di antaranya mengalami luka berat dan dan sisanya luka ringan. "Korban luka-luka telah dibawa ke rumah sakit untuk pertolongan medis," tambahnya.

Dia memaparkan, setelah melakukan analisis dan pengecekan, BPBD setempat, BMKG, dan Badan Geologi, memastikan gempa yang terjadi pada pukul 05.22 WIB itu tadi berpusat di Pidie.

Sebelumnya, sempat ada kebingunan, lantaran BMKG menginformasikan gempa berlokasi di 5,49 derajat LU dan 95,21 derajat BT atau 15 kilometer barat daya Banda Aceh di kedalaman 84 kilometer. "Artinya pusat gempa berada di laut dengan intensitas  III MMI," tambahnya.

Sementara pada saat yang hampir bersamaan USGS (Badan Geologi Amerika Serikat) menginformasikan gempa berlokasi di 4,961 derajat LU dan 96,083 derajat BT di darat atau 35 kilometer barat daya Reuleuet dengan kekuatan 5,9 SR di kedalaman 16 kilometer.

"Intensitas guncangan gempa hingga VII MMI. Jarak pusat gempa kedua informasi tersebut berjauhan. Hal ini menimbulkan kesimpangsiuran," paparnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

PULAU SAMAKAU DICAPLOK SINGAPURA

BATAM- Setelah Pulau Sipadan dan Ligitan lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), kini Pulau Semakau di Batam, Kepulauan Riau, hendak dicaplok negara tetangga Singapura. Bahkan, pulau terluar itu telah masuk ke peta negara Singapura.

Pulau Semakau yang masuk wilayah Kelurahan Kasu, Kecamatan Belakangpadang, Batam, hanya berpenduduk sembilan kepala keluarga. Untuk menjangkau ke pulau kecil tersebut, membutuhkan waktu sekira 30 menit dengan menggunakan pompong, perahu kecil dari Pelabuhan Sekupang, Batam.

Pulau tersebut terletak pada koordinat 1.06.06.01 lintang utara dan 103 49.27.41 bujur timur.

Namun tiba-tiba pulau yang sejajar dengan Pulau Nipah, namun agak menjorok ke Laut Singapura itu, saat ini telah dimasukkan ke dalam peta negara Singapura.

Menyikapi hal tersebut, Gubernur Kepri, HM Sani, akan melayangkan surat kepada Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa. Sani juga akan menindaklanjuti pencaplokan pulau tersebut ke Konsulat Singapura.

Pemprov Kepri berharap, Pemerintah Pusat dapat menyelesaikan permasalahan itu.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan Pulau Semakau bersama pulau-pulau di sekitarnya dan Pulau Batam, sebagai kawasan free trade zone

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

PENYEBAB PLUIT BANJIR

JAKARTA - Hingga saat ini sebagian wilayah Kecamatan Penjaringan yang meliputi empat kelurahan, yaitu Kelurahan Pluit, Kelurahan Penjaringan, Kelurahan Penjagalan, dan Kelurahan Kapuk, masih terendam banjir dengan ketinggian bervariasi. Ada beberapa titik yang mencapai dua meter.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa banjir dikawasan ini disebabkan meluapnya Waduk Pluit, Kali Angke Hilir dan hujan yang terus menerus turun.

Sutopo mengatakan bahwa tanggul Waduk Pluit yang memiliki luas 80 hektare tidak jebol. Namun, banjir di Pluit disebabkan karena dampak dari jebolnya tanggul Banjir Kanal Barat (BKB) di Jalan Latuharhary pada Kamis, 17 Januari lalu yang mengakibatkan banjir menggenangi kawasan sebagian Jalan Sudirman, Bundaran HI, Jalan MH Thamrin dan sekitarnya.

Selain itu, Sungai Cideng yang memiliki kapasitas debit 30 m3 per detik menerima beban tambahan debit dari tanggul sungai yang jebol di Jalan Latuharhary sekitar 30 m3 per detik. Pada saat bersamaan, pompa di Waduk Melati berkapasitas 12 m3 per detik dan pompa Cideng berkapasitas 7 m3 per detik juga mati. Demikian pula BKB juga penuh.

"Dengan matinya pompa air, maka banjir semakin tidak terkendali," ujar Sutopo dalam pesan singkatnya, Minggu (20/1/2013).

Sutopo menambahkan Waduk Pluit menerima aliran dari Kali Cideng dan beberapa sungai yang banjir. Panel dua pompa banjir berkapasitas 35 m3 per detik dan 4 m3 per detik di Waduk Pluit terendam banjir dan tidak beroperasi. Akhirnya banjir meluas karena pasokan debit ke Waduk Pluit terus terjadi, sementara itu pembuangan air tidak berjalan.

Hal ini, lanjutnya, ditambah dengan pasang laut makin bertambah. Prediksi pasang laut tertinggi pada Senin, 21 Januari terjadi pada pukul 08.10 yaitu setinggi 0,94 meter. Bahkan pada Kamis, 24 Januari hingga Sabtu, 26 Januari pasang tertinggi mencapai satu meter antara pukul 09.09-09.46 WIB.

"Tentu ini berpotensi terjadi rob air laut," ujarnya.

Pemerintah, kata Sutopo, terus melakukan upaya penanggulangan banjir di Pluit. Tanggul di Latuharhary telah selesai ditutup. Pompa Waduk Melati telah dihidupkan. Pompa air dari Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta dan Kementerian Pekerjaan Umum juga dikerahkan ke Pluit untuk mengurangi banjir.

"BNPB mengerahkan pasukan Armarbar. Beberapa titik posko telah didirikan oleh Marinir, Kopassus, Basarnas, Tagana dan lainnya untuk memberikan bantuan evakuasi, distribusi kebutuhan dasar, logistic, kesehatan dan sebagainya," paparnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

MAKANAN YANG DAPAT MERUSAK GIGI

MERAWAT gigi memang tak hanya dilakukan melalui perawatan rutin semata. Perlu ada pemeliharaan dari kebiasaan sehari-hari yang dilakukan, salah satunya memerhatikan makanan yang dikonsumsi.

Makanan tidaklah semuanya menyehatkan bagi gigi. Ada beberapa makanan yang bermanfaat bagi tubuh, namun sesungguhnya tak memiliki efek baik terhadap gigi. Apa sajakah itu? Berikut
makanan yang dapat merusak gigi
anda


Apel

Mungkin Anda tidak percaya bahwa apel merupakan makanan yang buruk untuk gigi. Tapi sesungguhnya, hal itu merupakan kebenaran. Para ilmuwan memperkirakan bahwa ada beberapa jenis apel yang mengandung empat sendok teh gula yang bisa meningkatkan keasaman mulut. Meski demikian, apel memiliki kalsium yang mampu menetralkan asam dan memperkuat jaringan tulang, termasuk gigi.

Menurut David Vartlett, Kepala Departemen Prostodonsia di King’s College, masalahnya bukan pada apa yang harus dimakan, tapi bagaimana kita memakannya. Ketika seseorang makan apel perlahan, kadar asam dalam apel tinggi sehingga berpotensi merusak gigi.

Hal ini telah disimpulkan penelitian terhadap 1.000 orang berusia 18-30 tahun. Para peneliti sangat tertarik pada hubungan antara apa yang dikonsumsi oleh responden dan masalah pada enamel dan dentin. Mereka menemukan bahwa responden yang menyukai apel memiliki risiko 3,7 kali lebih tinggi kerusakan gigi.



Minuman yang merusak gigi

Anggur, bir, dan jus buah juga makanan yang buruk bagi gigi. Bahkan, minuman tersebut memberikan risiko empat kali lebih tinggi kerusakan gigi bila dikonsumsi secara teratur. Namun, jus buah masih menjadi minuman sehat. Anda bisa menggunakan sedotan saat meminum jus buah dan pilihlah jus buah segara tanpa gula.



Cereal bar

Mengapa makanan ini buruk bagi gigi? Rupanya diketahui bahwa cereal bar mengandung gula dalam jumlah besar.



Permen karet

Ini memang masih kontroversi apakah permen karet masuk dalam kategori makanan buruk bagi gigi. Ada dokter gigi yang mengatakan bahwa permen karet baik untuk gigi, namun ada yang mengatakan berbahaya.
Menurut Dr Junket dari Boston University, beberapa permen memang bebas gula. Namun permen, terutama yang rasa buah mengandung kadar asam cukup tinggi. Asam inilah yang akan memengaruhi enamel gigi dan meningkatkan risiko kerusakan gigi.
Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa mengunyah permen karet setelah makan besar dan ngemil dapat mengurangi 40 persen risiko kerusakan gigi.
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

CARA MENDAPATKAN TUBUH BEROTOT

UNTUK mendapatkan tubuh yang kencang dengan otot yang kuat, Anda membutuhkan latihan fisik dan konsumsi makanan yang baik. Mengonsumsi makanan tertentu dapat membantu Anda meningkatkan massa otot tubuh.

Beberapa jenis makanan dapat membantu membangun otot. Dengan makanan yang tepat, Anda bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan kencang. Anda tidak bisa membangun otot hanya dengan latihan saja. Anda harus mengonsumsi makanan yang meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menghasilkan otot.

Berikut ini makanan yang bisa dikonsumsi untuk membangun otot Anda, seperti yang dilansir Quickeasyfit.
 
Telur

Telur dapat menjadi sumber untuk mendapatkan protein harian yang dibutuhkan tubuh Anda. Telur dianggap sangat kaya nutrisi seperti kalsium, zat besi vitamin, dan seng, juga memiliki kandungan protein dari enam sampai delapan gram protein per telur untuk membangun otot Anda.

Ayam tanpa tulang

Dada ayam adalah salah satu daging yang paling mudah untuk dimasak dan dapat berubah menjadi banyak hidangan dalam sekejap. Dalam setiap 100 gram daging tanpa tulang ini, Anda bisa memperoleh lemak minimal dengan kandungan protein sekira 30 gram.

Minyak
ikan

Dengan diperkaya omega-3 dan anti-inflamasi, minyak ikan sangat bermanfaat dalam membangun otot-otot baru. Ini membantu meredakan peradangan otot akibat latihan yang berat. Minyak khusus ini juga meningkatkan metabolisme Anda yang memungkinkan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan energik dan membangun lebih banyak otot dengan olahraga teratur.

Nanas

Nanas dianggap menjadi sumber dari enzim yang disebut bromelein. Enzim ini telah terbukti cukup efektif dalam membantu protein untuk pencernaan. Karena anti-inflamasi, nanas dapat digunakan untuk mengurangi peradangan otot setelah Anda latihan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

MENCEGAH DBD DENGAN INSEKTISIDA

MUSIM hujan, tak lepas dari penyakit menular salah satunya, yakni Demam Berdarah Dengue (DBD). Pengamat epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI), Tri Yunis Miko Wahyono mengungkapkan bahwa cara yang paling ampuh mencegah DBD dengan penggunaan insektisida.

Menurutnya, penggunaan insektisida paling efektif menurunkan DBD di Indonesia mengingat faktor kendala pendidikan dan kepadatan penduduk di Indonesia. Sebab, kata dia, penggunaan insektisida rutin dilakukan ketimbang penggunaan fogging dan larvasida.

"Namun memang ada kekurangannya, yakni insektisida sekarang harganya mahal banget. Di Indonesia, hanya 40 persen wilayah yang di-fogging, lafasida 30 persen. Fogging massal, tapi tak rutin. Insektisida juga ada resistensi, meskipun toxic yang digunakan dosis rendah," katanya kepada wartawan, baru - baru ini.

Dia menyebutkan, untuk mengatasi DBD, maka seringkali pemerintah menggalakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Namun, lanjutnya, cara itu tak akan efektif di tengah kultur masyarakat yang dinamis dan individualis.

"PSN dulu bisa masyarakat masih gotong royong, tak individualis, namun di Depok sangat susah. Jakarta saja Jumat Bersih belum berhasil. Semua pendekatan dilakukan," ungkapnya.

Berdasarkan penelitiannya, jumlah penderita DBD pada 2005, yakni 19 ribu. Namun meningkat pada 2010, kasusnya mencapai 36 ribu-37 ribu jiwa.

"Pada 2011 masih tinggi. Jakarta, Bali sekarang provinsi terbanyak. Karena ada penampungan air di sana. Pura, gerabah, kembang," tutupnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

DOA BERSAMA UNTUK KORBAN BANJIR

JAKARTA - Gerakan Pemuda (GP) Ansor akan menggelar doa dan sholawatan bersama untuk  korban banjir, di Mesjid Agung Sunda Kelapa (MASK) Menteng Jakarta Pusat, Minggu 20 Januari 2013, pukul 9.00 WIB.

"Ini doa solidaritas sekaligus menggalang dana untuk korban banjir. Kerja sama ansor dan pengurus ansor, sekalian memperingati maulid Nabi Muhammad SAW," tegas Ketua Umum PP Ansor Nusron Wahid, Sabtu (19/1/2013).

Acara tersebut akan dihadiri sejumlah tokoh antara lain, Ketua PMI Jusuf Kalla. Sholawatan akan dipimpin Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaff dari Solo dan Taushiyyah KH Agoes Ali Mashoeri pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo, Jawa Timur.

Banjir yang datang kali ini merupakan cobaan dan ujian dari Allah SWT. "Kita semua pasti berat menerimanya. Tapi kita harus kuat dan sabar. Anggap saja ini ujian agar akan dinaikkan derajatnya oleh Allah," ujarnya.

Melalui doa dan sholawatan ini, kata Nusron, kita memohon kepada Allah agar hujan dan banjir susulan tidak datang lagi. "Apalagi banyak diramalkan, hujan dan banjir susulan pada 27 nanti datang dengan lebih besar. Semoga tidak terjadi," ketanya.

Selain doa dan sholawatan bersama, GP Ansor juga membuka posko dan menurunkan Bagana (Banser Tanggap Bencana) dibeberapa titik yang rawan.

"Posko kita buka di tiap titik. Terutama Timur, Barat dan Utara. Kita mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang sigap dan bersama-sama mengatasi banjir ini," tegasnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

BENGKEL GRATIS UNTUK KORBAN BANJIR

JAKARTA - Untuk membantu masyarakat yang kendaraannya rusak karena terendam banjir, Dompet Dhuafa membuka layanan bengkel gratis bagi korban banjir. Bengkel ini akan beroperasi selama beberapa hari ke depan dan tersebar di sejumlah titik.

Layanan ini dibuka mulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 22.00 WIB. Lokasi pertama yang dibuka di Jalan Otista Raya, depan Hotel Nirwana, Kampung Pulo, Jakarta Timur. Selain itu, tim juga bergerak ke sejumlah wilayah seperti Rawa Buaya, Jakarta Barat dan Ulu Jami Jakarta Selatan.

“Kami menemukan banyak sekali motor yang terjebak banjir dan mogok, sehingga kami langsung buka di lokasi,” ungkap Akhmad Zaenudin, Koordinator Mekanik, , Minggu (19/1/2012).

Di hari pertama, Jumat 18 Januari, sedikitnya 41 motor berhasil diperbaiki oleh lima mekanik yang semuanya lulusan Institut Kemandirian Dompet Dhuafa. “Servis yang diberikan berupa ganti oli, tune up, dan yang lainnya,” terang Zaen.

Sementara itu, Sudarto salah satu mekanik mengatakan, kerusakan motor bervariasi, mulai dari kerusakan ringan hingga kerusakan berat dimana motor mati total dan tak dapat dijalankan sama sekali. Kerusakan ringan dilakukan dengan penggantian busi dan memperbaiki pengapian motor, sedangkan pada kerusakan berat harus dilakukan pembongkaran. Durasi pengerjaan berkisar antara 10-45 menit tergantung pada kerusakan motor.

“Layanan seperti ini sangat membantu ya apalagi buat korban banjir dan pengguna jalan raya di kondisi seperti ini. Karena kalo kondisi seperti ini, nggak cuma genangan air, paku-paku juga banyak terbawa dan di jalan bikin ban bocor. Kalau bisa sih layanan ini terus diadakan ya.” Ungkap Edi Yusuf, warga Pasar Minggu yang memanfaatkan fasilitas Layanan Bengkel Gratis untuk memperbaiki motornya.

Sudarto memprediksi, jumlah pengguna jasa Layanan Bengkel Gratis untuk korban banjir akan terus meningkat terutama ketika banjir telah mulai surut. Hal ini karena banyak warga yang saat ini masih fokus menyelamatkan diri dan belum terpikir untuk menyervis motor. “Setelah banjir surut kemungkinan akan semakin banyak yang membutuhkan perbaikan motor,” ungkap Sudarto.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

AIR TERJUN MADAKARIPURA DI GUNGUNG BROMO

KEINDAHAN panorama dari puncak Gunung Bromo ataupun kemegahan puncak tertinggi Jawa, Semeru, pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Tidak hanya di puncak gunung, keindahan alam juga bisa Anda saksikan di kaki gunung tersebut.

Bila berkesempatan berkunjung ke Gunung Bromo, jangan lupa mampir ke Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru dan menawarkan pemandangan cantik dan mempesona.Lokasi Air Terjun Madakaripura tidak terlalu jauh dari Gunung Bromo, tepatnya di dekat Desa Sapih, Kabupaten Lombang. Jaraknya sekira 3 jam berkendara dari ibu kota Jawa Timur, yaitu Surabaya.

Air Terjun Madakaripura diyakini sebagai tempat meditasi terakhir Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit yang terkenal dengan Sumpah Palapanya, demikian seperti dikutip  Minggu (20/1/2013). Air terjun yang menjulang tinggi ini dijuluki air terjun abadi karena tidak pernah berhenti mencurahkan tirai air halus serupa curahan hujan bagi orang-orang yang dapat melintas di bawahnya.

Lokasi air terjun spektakuler ini tersembunyi di ujung lembah yang dalam di kaki bukit Pegunungan Tengger. Untuk sampai ke air terjun ini, Anda perlu berjalan sekira 20 menit menyeberangi sungai dan jalan berbatu sebelum sampai di pintu masuk.

Meski cukup jauh, suguhan pemandangan yang hijau indah di sepanjang jalan adalah hiburan tersendiri yang dapat mengobati rasa lelah. Patung besar Patih Majapahit, Gajah Mada dalam posisi duduk meditasi akan menyapa setiap pengunjung sebelum mereka melanjutkan perjalanan lebih jauh ke pusat air terjun.

Jalur yang akan Anda lalui untuk menuju air terjun ini akan berakhir di sebuah lembah berbentuk seperti tabung dimana air terjun berketinggian 200 meter tampak gagah menjulang. Air Terjun Madakaripura bahkan dijuluki sebagai air terjun tertinggi di Jawa dan air terjun tertinggi kedua di Indonesia setelah Air Terjun Sigura-gura di dekat Danau Toba, Sumatera Utara.

Dikelilingi oleh tembok luar biasa tinggi, debit Air Terjun Madakaripura yang jatuh ke sebuah ruang alami serupa tabung tersebut terkesan mistis namun memukau siapa saja yang melihatnya. Di dalam "ruang" berketinggian 200 meter, pesona sinar matahari yang menyorot lumut hijau basah di dinding berbatu disertai suara gemuruh air adalah sebuah keindahan tontonan yang tidak mungkin ditemukan di tempat lain.

Sebagai tempat yang signifikan secara historis, sakral, dan kondisi alam yang memukau, Madakaripura adalah salah satu destinasi yang layak dikunjungi saat Anda datang ke Jawa Timur.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

BARCELONA KALAH ATAS REAL SOCIEDAD

SOCIEDADBarcelona untuk pertama kalinya menelan kekalahan perdana musim ini usai dibekuk 3-2 oleh tuan rumah Real Sociedad dalam pertandingan lanjutan kompetisi La Liga, Minggu (20/1/2013) dini hari WIB di Estadio Municipal de Anoeta.

Barca memimpin lewat Lionel Messi pada menit ketujuh, dan menambah gol melalui Pedro Rodriguez pada menit ke-25. Sociedad membalas lewat Chory Castro pada menit ke-41. Tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat Chory Castro, pada menit ke-63, sebelum akhir membalikkan keadaan melalui gol Imanol Agirretxe di masa injury time. Barca juga harus bermian dengan 10 pemain karena Gerard Pique diusir wasit pada menit ke-56.

Jalannya pertandingan

Sejak menit pertama, Barcelona langsung berusaha mendominasi penguasaan bola mereka atas Sociedad. Bahkan pada menit kelima, sepakan Lionel Messi nyaris membuat Blaugrana memimpin seandainya bola tidak melenceng di samping tiang gawang Sociedad.

Sayangnya, dua menit kemudian Messi benar-benar mencetak gol untuk membawa Barcelona unggul 1-0. Tendangan keras penyerang internasional Argentina tak bisa dibendung kiper Claudio Bravo.

Sociedad bukan tanpa peluang, pada menit kesebelas tendangan Xabi Prieto memanfaatkan sepak pojok Carlos Vela hampir membahayakan gawang Barca. Namun, pada menit ke-25 Barca malah menggandakan keunggulan menjadi 2-0 melalui Pedro Rodriguez.

Gol berawal dari aksi Dani Alves dari sisi kiri pertahanan Sociedad, lalu bek sayap asal Brasil ini mengirim umpan silang mendatar untuk kemudian diceploskan oleh Pedro. Dalam kondisi tertinggal, Sociedad mencoba bermain lebih menyerang demi memperkecil ketinggalan.

Hal itu membuat pertahanan Sociedad rapuh, Messi nyaris membuat kedudukan menjadi 3-0 pada menit ke-40 saat dia sudah berhadapan dengan kiper, tapi tendangannya hanya membentur tiang gawang. Malah Sociedad yang akhirnya memperkecil kedudukan menjadi 1-2 semenit kemudian.

Gol Sociedad berasal dari Chory Castro yang menyempurnakan umpan Carlos Vela. Gol itu membuat kepercayaan diri pemain Sociedad meningkat, merka nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-43, tapi Victor Valdes berhasil menggagalkan peluang yang didapat Chory Castro. Hingga 45 menit pertama berakhir, belum ada lagi gol tercipta.

Babak kedua

Bermain di hadapan pendukung mereka sendiri membuat para pemain Sociedad ngotot mengejar ketinggalan. Permainan Xabi Prieto cs lebih agresif di 45 menit kedua, bahkan Vela nyaris membobol gawang Valdes pada menit ke-51, sayang bola masih menyamping.

Di tengah serangan Sociedad, Barcelona malah harus rela kehilangan Gerard Pique yang menerima kartu kuning kedua pada menit ke-56, sehingga membuat Blaugrana harus bermain dengan 10 pemain. Kondisi ini membuat tim asuhan Philippe Montanier semakin diuntungkan, karena mereka lebih leluasa menembus pertahanan Barca.

Benar saja, Sociedad menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-63 ketika tendangan keras Chory Castro mengenai kaki Javier Mascherano sehingga sedikit berubah arah dan masuk ke gawang Barcelona, namun gol itu tidak dianggap bunuh diri.

Pada menit ke-72, tendangan bebas Messi masih melambung di atas mistar gawang Sociedad. Sociedad juga mendapat kesempatan pada menit ke-75 lewat pemain pengganti, Ifran, tapi bola masih bisa ditahan Valdes.

Meski kalah jumlah pemain, anak-anak asuhan Tito Vilanova tetap memberikan perlawanan. Saling serang pun terjadi di antara kedua tim, namun belum ada serangan yang bisa membuahkan hasil.

Laga tampak akan berakhir imbang, Sociedad malah mampu mencetak gol pada menit ke-90+1 melalui pemain pengganti, Imanol Agirretxe yang menyambut umpan silang Carlos Martinez Diet. Gol itu sekaligus menjadi penutup dalam pertandingan itu dan membuat Barcelona kalah 3-2 dari tuan rumah Sociedad.

Kendati kalah, Barca tetap masih memuncaki klasemen sementara La Liga dengan koleksi 50 poin dari 20 kali bertanding.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

PETERNAK AYAM MERUGI AKIBAT BANJIR

BANDUNG – Bencana banjir yang mengepung Jakarta selama tiga hari terakhir berimbas pada pengiriman ayam potong dari Jawa Barat menuju Jakarta. Pengiriman tersebut telah merugikan peternak ayam hingga miliaran.
Ketua Divisi Peternakan Persatuan Pasar dan Warung Tradisional Jabar, Yoyo Sutarya mengatakan pada hari biasanya peternak ayam bisa memasok hingga 100 ribu ekor perharinya ke Jakarta.

“Artinya selama tiga hari ini sudah 300ribu ekor ayam yang terhambat dan tidak bisa dijual ke Jakarta,” tutur Yoyo kepada wartawan, Minggu (20/1/2013).

Akibatnya, para peternak ayam yang kebanyakan berasal dari Parahyangan Timur seperti Ciamis, Tasik, dan Garut harus mengeluarkan uang lebih untuk memberi makan ayam yang tidak bisa dijual ke Jakarta.

Jika dirata-ratakan, kata Yoyo, setiap harinya satu ekor ayam diberi makan dengan pengeluaran Rp6 ribu. Maka, jika dirata-ratakan para peternak Jabar menanggung Rp600 juta per hari untuk menutupi biaya pakan.

“Berarti selama tiga hari bisa mencapai Rp1,8 miliar uang tambahan untuk pakan. Tapi itu tidak ditanggung satu peternak, melainkan keseluruhan peternak yang memasok ayam ke Jakarta,” terangnya.

Sementara itu, dengan turunnya permintaan maka secara otomatis harga ayam dipasar pun ikut turun. “Sekarang harga turun menjadi Rp28 ribu dari yang asalnya Rp30 ribu. Tapi normalnya Rp24 ribu,” tukas Yoyo yang juga menjabat sebagai Ketua Persatuan Pedagang Ayam Bandung (PPAB) ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

TEMPAT KARAOKE DIRAMPOK

Jakarta - Aksi perampokan terjadi di tempat Karaoke Keluarga Mr Locus Semarang. Perampok yang diketahui berjumlah dua orang itu sempat menghajar dan mengikat satpam sebelum membawa kabur brankas.

Korban, Muailimin menuturkan, peristiwa terjadi sekitar pukul 04.30 pagi tadi. Dua orang pria berbadan besar mendatanginya dan salah satu dari mereka langsung mengadang di depan pintu pos satpam.

"Saya ditonjok, terus orang itu mengambil kunci di meja. Dia seperti sudah tahu lokasi kunci, dia tidak nanya tapi langsung ambil," katanya saat diinterogasi polisi di lokasi kejadian, ruko Gayamsari, Semarang,

Korban yang masih kesakitan itu kemudian digiring untuk memasuki ruangan. Salah satu pelaku membuka rolling door, sedangkan satu pelaku lainnya menodongkan senjata api ke pinggul kanan korban.

"Di dalam saya dipukuli lagi sekitar empat sampai lima kali. Kemudian saya diikat di bawah tangga," tandas pria yang baru bekerja tiga bulan itu.

Selanjutnya, pelaku naik ke lantai tiga tempat penyimpanan brankas. Korban berteriak memanggil bantuan, namun salah satu pelaku yang mendengarnya segera turun dan kembali menghajar korban.

"Mereka membawa satu brankas lalu pergi dan pintunya dibiarkan terbuka," ujarnya.

Setelah ditinggal pergi dengan beberapa luka di kepala, korban berusaha meminta bantuan dengan menyeret badannya di lantai hingga berada di dekat pintu keluar. Kondisi di depan lokasi kejadian sudah ramai, ia pun segera memperoleh bantuan.

"Tadi saat mereka datang tidak terlihat pakai mobil. Mungkin menunggu di luar kompleks ruko," papar Muailimin.

Saat ini, aparat Polsek Gayamsari Semarang masih melakukan penyelidikan dengan memeriksa rekaman CCTV. Dari lokasi kejadian diamankan tali plastik dan lakban hitam milik pelaku.

Menurut informasi, kerugian mencapai Rp 50 juta. Barang yang dibawa pelaku adalah brankas yang berukuran besar, sementara satu brankas kecil ditinggalkan.

"Ada uang tunai Rp 10,4 juta di dalam brankas dan Rp 15 juta dalam bentuk barang," kata salah satu staf karaoke.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KEBAKARAN DI MEDAN

Medan - Sebanyak delapan rumah milik warga musnah terbakar dalam kebakaran yang terjadi di Medan, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (20/1/2013). Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, sementara kerugian diperkirakan ratusan juta rupiah.

Kebakaran itu terjadi di Jl. Arif Rahman Hakim Gg Sendok, Medan. Api diketahui mulai menyala sekitar pukul 03.00 WIB dari salah satu rumah yang merangkap toko penjual perabot dengan nama Sinar Sejati. Sebentar saja api merembet ke bangunan yang lain yang berada di belakangnya, termasuk membakar gudang-gudang yang berisi alat rumah tangga.

“Gudang-gudang itu berisi barang jualan alat rumah tangga, seperti springbed,” kata Agung, salah seorang warga.

Petugas pemadam kebakaran yang turun ke lokasi, segera melokalisir api. Beberapa bangunan terpaksa dirusak dalam upaya mengatasi jalaran api. Sekitar pukul 05.30 WIB, api berhasil dipadamkan.

Petugas kepolisian dari Polsekta Medan Area sudah memasang garis polisi di sekitar lokasi kebakaran. Sejauh ini masih belum dapat dipastikan apa pemicu api.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

22 POMPA UNTUK SEDOT PLAZA UOB

Jakarta - Air yang membanjiri basement 1 Plaza UOB sudah mulai surut. Saat ini petugas terus berupaya untuk membuang air yang berada di basement 2 dan 3.

Menurut petugas Damkar Kasi Sektor Kecamatan Tebet, Bunyamin, yang berada di lokasi mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan penyedotan air di basement 2.

"Ketinggian air sekarang 1 meter (di basement 2). Air dibuang ke jalan saja," ucap Bunyamin.

Bunyamin menuturkan, saat ini dikerahkan sebanyak 12 pompa penyedot berkekuatan 2000 liter/menit dan 10 pompa berkekuatan 4000 liter/menit.

"Jadi yang 2000 liter peremenit ada 12 unit. 10 unit yang 4.000 liter permenit," jelasnya.

Bunyamin mengaku pihaknya kesulitan memperkirakan berapa pompa yang harus digunakan karena belum mengetahui secara persis luas area basement.

"Kami kesulitan karena tidak tahu persis luas area di dalan sana," lanjut Bunyamin.

Lebih jauh Bunyamin mengatakan, saat ini untuk sementara hanya dilakukan penyedotan, belum ada evakuasi terkait mobil-mobil dan barang-barang yang berada di basement.

"Kita belum melakukan evakuasi. Masih penyedotan air," ujarnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

BANJIR MULAI SURUT, WARGA BERSIH-BERSIH

Jakarta - Banjir di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, mulai surut. Sebagian warga masih bertahan di pengungsian, sisanya membersihkan rumah dari sampah dan endapan lumpur.

Di RT 4/ RW III Kampung Pulo, Jatinegara, sampah menumpuk di beberapa titik, terutama di kawasan dekat bantaran Sungai Ciliwung, Minggu (20/1/2013). Ada plastik, kayu, meja kecil, bahkan kasur. Barang-barang tersebut teronggok begitu saja, tak ada yang mengurusi.

Sejumlah warga kembali ke rumah. Mereka membersihkan endapan lumpur dan sampah-sampah kecil. Rumah tak langsung bersih, karena endapan lumpur berada dimana-mana, mulai dari lantai hingga tembok.

Sebagian warga tak ikut bersih-bersih. Pasalnya, di beberapa titik, genangan air masih cukup tinggi, yakni sedada orang dewasa. Mereka kembali ke rumah hanya untuk mengecek.

Sejumlah toko di Jalan Jatinegara Barat juga sudah mulai buka. Namun aktivitas jual-beli belum bisa dilakukan, karena sang pemilik fokus pada upaya bersih-bersih dan penataan barang dagangan. Sebaliknya, Pasar Regional Jatinegara sudah menggeliat. Namun hanya ada beberapa pedagang yang melayani pembeli, karena sebagian los masih tutup.

Sementara itu, akses jalan dari Jatinegara ke Matraman, hingga kini, masih ditutup.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

MANFAAT DONOR DARAH

Jakarta - Anda pasti sudah sering mendengar banyaknya institusi yang mengadakan program donor darah untuk umum. Donor darah bukan hanya bermanfaat untuk orang yang membutuhkan, namun juga memberikan keuntungan bagi kesehatan bagi para pendonornya.

Selain Anda bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis (sebelum donor darah, dokter harus memeriksa kesehatan Anda terlebih dahulu untuk melihat apakah Anda dapat mendonorkan darah atau tidak), Anda juga akan mendapatkan lima manfaat donor darah, seperti dirangkum Bold Sky.

1. Menurunkan Kolesterol
Darah merah mengandung kolesterol baik dan juga kolesterol jahat. Ketika Anda mendonorkan darah, Anda juga sekaligus menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

2. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi
Ketika darah didonorkan, volume darah akan menjadi seimbang. Hal ini dapat mencegah terjadinya darah tinggi dan baik untuk pencegahan penyakit jantung.

3. Mempercepat Proses Pemulihan Luka
Ketika Anda mendonorkan darak, akan terjadi penyesuaian tubuh terhadap berkurangnya sel darah merah. Penyesuaian tubuh ini juga dibutuhkan ketika tubuh Anda mengalami luka yang mengakibatkan berkurangnya sel darah merah, sehingga penyembukan luka jadi lebih cepat.

4. Menyeimbangkan Zat Besi Dalam Darah
Menurut beberapa penelitian, darah seringkali mengandung terlalu banyak zat besi. Kandungan zat besi ini kita dapatkan dari berbagai macam konsumsi makanan. Zat besi yang terlalu banyak dalam darah dapat berbahaya bagi jantung. Bagi wanita, penyeimbangan zat besi terjadi ketika ia sedang masa menstruasi. Walau begitu, bukan berarti wanita tidak dapat lagi mendonorkan darahnya. Wanita dapat mendonorkan darahnya dengan kurun waktu pendonoran 4 bulan, sedangkan pria dapat melakukannya setiap 3 bulan.

5. Mengurangi Resiko Kanker
Risiko kanker dapat berkurang seiring dengan berkurangnya kadar zat besi di dalam darah. Donor darah akan mengurangi penyakit terutama risiko kanker hati, paru-paru, dan usus besar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

6 MINUMAN TURUNKAN HIPERTENSI

Ada dua faktor risiko terkait munculnya tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak dapat dikendalikan yakni usia dan riwayat penyakit di keluarga (genetika). Tetapi, Anda masih bisa melakukan intervensi terhadap faktor risiko lain dengan cara membuat pilihan lebih cerdas, seperti aktif secara fisik, mengurangi asupan natrium, dan makan dengan menu sehat dan seimbang.

Selain itu, Anda juga dapat menurunkan risiko hipertensi dengan cara berbeda yakni mengonsumsi minuman alami.  Berikut ini adalah 6 (enam) seduhan yang enak dan dapat berkontribusi terhadap penurunan tekanan darah, terutama dalam kombinasi dengan diet sehat dan olahraga teratur.

1. Teh bunga rosella

Cara kerja : Seperti halnya jus delima, bunga rosella (hibiscus) mengandung phytochemical bioaktif yang bertindak sebagai inhibitor ACE alami. Satu studi menunjukkan bahwa seduhan teh rosella sangat efektif menurunkan tekanan darah seperti halnya kaptopril - obat yang biasa digunakan untuk mengatasi hipertensi dan gagal jantung.

Saran: Dalam satu penelitian dipublikasikan secara luas, tiga porsi teh hibiscus dapat menurunkan tekanan darah sistolik prehipertensi subyek secara signifikan. Minumlah tiga cangkir sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Jus delima

Cara kerja: ACE adalah enzim yang meningkatkan tekanan darah dengan menciptakan protein yang disebut angiotensin II, yang menyebabkan pembuluh darah mengkerut. Jus buah delima bertindak sebagai inhibitor ACE alami, mirip dengan jenis obat yang biasa diresepkan untuk mengobati hipertensi dan gagal jantung.

Dalam sebuah kasus disebutkan, jus buah delima dapat mengurangi ACE sebesar 36 persen dan menurunkan tekanan darah sistolik juga. Bahkan beberapa penelitian belakangan secara signifikan menunjukkan, manfaat delima untuk mengurangi plak arteri (sampai 30 persen) dan meningkatkan aliran darah ke jantung.

Saran : Jonny Bowden, salah seorang ahli nutrisi merekomendasikan untuk meminum enam ounce (177 mililiter) jus delima setiap hari tanpa pemanis.

3. Jus cranberry


Cara kerja: Cranberry dan jus cranberry memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan kuat yang membantu mencegah dan mengurangi kerusakan dalam pembuluh darah, sehingga mencegah peningkatan tekanan darah yang tidak diinginkan. Selain itu, jus cranberry dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

Saran: Tidak ada rekomendasi standar untuk mengonsumsi jus cranberry sebagai bagian dari rejimen sehari-hari.

4. Susu rendah lemak


Cara kerja : Kekurangan kalsium telah lama dikaitkan dengan tekanan darah tinggi. Asupan tinggi kalsium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Tapi perlu diingat, sangat penting untuk memilih jenis susu yang tepat untuk hasil terbaik. Susu rendah lemak sangat kaya akan kalsium ketimbang susu penuh lemak. Jumlah lemak sederhana dapat membantu Anda menyerap kalsium lebih mudah.

Saran:  Sebagai bagian dari ritual menyehatkan, tiga porsi susu rendah lemak terbukti mampu mengurangi tekanan darah sistolik.

5. Jus Bit

Cara kerja : Buah bit adalah sumber yang baik dari potassium dan folat, dua zat yang penting untuk mengatur tekanan darah.  Selian itu, buah bit juga mengadung nitrat, yang diubah menjadi nitrit ketika diserap oleh tubuh. Nitrit berkhasiat membuat jaringan otot menjadi rileks dan menurunkan aliran darah. Buah bit secara alami dapat membantu kesehatan fungsi pembuluh darah dan melawan homosistein, yang  dapat merusak pembuluh darah.

Saran : Beberapa riset mengindikasikan, konsumsi satu atau dua cangkir jus  bit setiap hari dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan dalam waktu cukup singkat yakni sekitar satu jam setelah konsumsi. Penelitian di Inggris juga menyatakan  bahwa jus buah bit sama efektifnya dengan tablet nitrat dalam mengendalikan hipertensi.

6. Air putih

Cara kerja: Minum air putih adalah cara sederhana, murah, sehat dan paling efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah. Dehidrasi kronis menyebabkan pembuluh darah mengkerut sehingga membuat jantung bekerja lebih keras, dan pada akhirnya mengakibatkan lonjakan tekanan darah.

Saran: Kebanyakan orang mungkin telah sering mendengar anjuran yang mengatakan untuk minum delapan gelas per hari. Tetapi untuk pendekatan yang lebih personal, bisa disesuaikan dengan berat badan Anda. Caranya: berat badan dibagi dua (namun dalam bentuk ounce). Misalnya, orang dengan bobot 150-pound atau sekitar 68 kg harus memenuhi kebutuhan asupan air setidaknya 75 ounce atau sekitar 2 liter setiap hari.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

EFAK JARANG BEROLAHRAGA

Olahraga teratur dengan durasi yang cukup akan meningkatkan nilai kesehatan dan kualitas hidup. Ini berarti, bukan cuma tubuh yang sehat, melainkan juga jiwa lebih bahagia.

Ketahui apa saja efeknya bagi kesehatan mental jika kita membiarkan rasa malas menghalangi niat olahraga.

1. Depresi dan cemas
Olahraga melepaskan endorfin yang secara umum bisa memberikan rasa tenang dan kepuasan hati. Mereka yang jarang merasakan serbuan endorfin cenderung mudah cemas dan depresi. Bahkan untuk mereka yang dinyatakan tidak depresi.

Olahraga juga akan mengalihkan fokus kita dari kesibukan harian dan berbagai kecemasan lainnya sehingga rasa stres sedikit berkurang. Rajin berlatih olahraga juga bisa menjadi mekanisme doping dibanding merokok atau makan berlebihan.

2. Citra tubuh
Rajin berolahraga adalah jalan menuju diraihnya berat badan ideal dan pembentukan otot. Namun, meski kita belum berhasil langsing, olahraga akan meningkatkan citra tubuh. Hal ini mungkin karena mereka yang sering berolahraga lebih menilai fungsi tubuh berdasarkan fungsi ketimbang penampilan belaka. Citra tubuh juga terkait erat dengan kepercayaan diri sehingga mereka yang giat olahraga umumnya lebih pede.

3. Merasa terisolasi
Ingin memperluas pergaulan? Bergabunglah dengan komunitas penggiat olahraga, seperti klub sepeda atau lari yang kini sedang populer. Atau, rajin-rajinlah datang ke pusat kebugaran atau kelas yoga. Bertemu dengan banyak teman bukan cuma meningkatkan motivasi, melainkan juga membuat perasaan Anda tidak terisolasi.

4. Sulit mengingat
Baru-baru ini para ahli menyimpulkan bahwa olahraga bisa membuat kita lebih pintar. Ini karena olahraga akan merangsang perkembangan otak dan memperkuat sambungan sel-sel otak. Orang dewasa yang malas berolahraga biasanya lebih sulit berkonsentrasi dan lebih lambat dalam memecahkan masalah.

5. Mudah lelah
Dalam dunia yang bergerak semakin cepat, kelelahan bisa menjadi penghambat. Orang yang malas berolahraga sering kali merasa kehabisan energi dan lebih sulit tidur. Olahraga teratur akan membantu kita terlelap lebih cepat, lebih nyenyak, dan tentu saja lebih berenergi keesokan harinya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

EFEK OLAHRAGA SETELAH MAKAN LEMAK

Anda masih sulit menghilangkan makanan tinggi lemak dalam diet Anda? Sebuah penelitian kecil di Jepang ini mungkin dapat memberikan solusi. Penelitian itu mengatakan bahwa olahraga setelah menyantap makanan yang tinggi lemak mungkin dapat mengurangi efek buruknya bagi tubuh Anda.

Studi menunjukkan bahwa berjalan kaki dan melakukan latihan ringan satu jam setelah mengonsumsi makanan tinggi lemak dapat membantu mengurangi lonjakan trigliserida, jenis lemak dalam darah yang biasanya naik setelah mengonsumsi makanan jenis ini.

Terlebih lagi, berolahraga setelah makan berefek lebih baik dalam mengurangi peningkatan kadar trigliserida daripada berolahraga sebelum makan. Sebagai catatan, tingginya kadar trigliserida dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Namun, karena penelitian ini masih dilakukan dalam skala kecil, studi lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah temuan ini berlaku untuk masyarakat umum. Pasalnya, masih ada penelitian lain yang tak sejalan dengan hasil studi ini.

Dalam studi ini, para peneliti mengukur kadar trigliserida pada 10 laki-laki dan perempuan setelah mereka menyantap makanan berlemak (sekitar 38 persen lemak). Selama dua hari, mereka diminta untuk melakukan olahraga, satu hari sebelum makan dan satu hari setelah makan. Pada hari ketiga mereka tidak berolahraga setelah makan.

Setiap hari, para peneliti melakukan pengukuran terhadap kadar trigliserida mereka. Ternyata olahraga setelah makan menunjukkan hasil yang paling baik dalam menurunkan kadarnya. Terjadi 25 persen pengurangan kadar trigliserida daripada tidak melakukan olahraga.

Para peneliti mengatakan, lonjakan kadar trigliserida yang paling tinggi adalah setelah makan sehingga olahraga setelah makan mungkin dapat menghambat lonjakan ini. Olahraga, dikatakan mereka, dapat mempercepat tingkat di mana tubuh menggunakan lemak sehingga menurunkan kadar trigliserida.

Kadar trigliserida umumnya akan turun beberapa waktu setelah makan. Namun, bahkan kenaikan sementara kadar trigliserida setelah makan makanan tinggi lemak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, kata para peneliti.

"Mungkin ada alasan yang baik untuk berjalan-jalan setelah makan besar," kata William Kraus, seorang profesor kedokteran di Duke University School of Medicine, yang tidak terlibat dalam penelitian.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

PRESIDEN DATANGI POSKO BANJIR

JAKARTA, - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan mendatangi lokasi posko banjir di Gelanggang Olahraga (GOR) Otto Iskandardinata (Otista). Presiden dijadwalkan akan menjenguk warga yang terkena dampak banjir.
Berdasarkan pantauan, suasana lalu lintas di kawasan Otto Iskandardinata agak tersendat. Hal ini disebabkan mobil rombongan presiden, pihak pengamanan dan mobil warga memadati di pinggir jalan GOR Otista.
GOR Otista merupakan lokasi posko bencana banjir bagi warga Bidara Cina dan sekitaran Otto Iskandardinata, Jatinegara, Kampung Melayu. Memang sebagian warga sudah kembali ke tempat tinggalnya masing-masing karena banjir sebagian juga sudah surut. Namun masih ada beberapa warga yang masih tinggal di dalam GOR, khususnya anak-anak kecil dan ibu rumah tangga.
Di dalam GOR tersebut, hanya ada sekitar 500 orang ibu-ibu dan anak-anak. Justru yang banyak datang adalah petugas pengamanan, anggota Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan sukarelawan. Di lokasi ini juga ada posko Telkom Group yang menyediakan layanan telekomunikasi dan pengobatan rutin.
Selain itu, di posko ini juga didatangi oleh psikolog anak Kak Seto yang memberikan konseling dan pendampingan pasca bencana.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

JOKOWI TENGOK TANGGUL LATUHARHARY

JAKARTA,  - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Minggu siang (20/1/2013) kembali menengok proses penanggulangan tanggul jebol di kawasan Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat.

Dia ingin memastikan proses perbaikan berjalan cepat dan tepat. Jokowi tanpa ragu langsung memperhatikan sisi tanggul, berdialog dan memberikan dukungan lisan untuk para pekerja yang terdiri dari unsur TNI dan Satpol PP.

Mantan Wali Kota Surakarta ini meninjau tanggul Latuharhary sejak sekitar pukul 11.50 WIB. Sekitar 20 menit dia berada di lokasi sebelum kembali ke kendaraan dinasnya untuk melanjutkan kegiatan lain. "Terimakasih semuanya," kata Jokowi kepada para pekerja saat akan meninggalkan Latuharhary.

Kedatangan Jokowi ke Latuharhary ini sudah kesekian kalinya. Bahkan tak mengenal waktu, ia lkunjungan saat siang atau sore, bahkan di tengah malam..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

A RAFIQ MENINGGAL DUNIA

DEPOK,  - Sepanjang masa hidupnya, seniman dangdut A Rafiq dikenal sebagai orang yang taat beragama. Begitu juga di mata anak kedelapannya, Farabi El Fouz yang menilai bahwa sang ayah sama sekali tak pernah lepas mengucap dzikir hingga ajal menjemputnya.
"Jadi Papa tadi berdzikir. Beliau memang senang sekali dzikir asmaul husna, dia sering berdzikir dari pagi sampai sore," ungkap Farabi saat ditemui di kediaman A Rafiq, Jalan Rumah Tahanan Militer, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat,
Biasanya, lanjut Farabi, kalau Rafiq sudah khusuk berdzikir, tak ada satu pun pihak keluarga yang berani mengusiknya.
"Kalau Papa lagi berdzikir kami enggak berani ganggu," ujar Farabi.
Begitu pula ketika dalam perawatan di rumah sakit, dalam kondisi kesehatan yang terus menurun A Rafiq terus melafalkan dzikir hingga monitor jantung berbunyi sebagai tanda detak jantung mulai melemah atau berhenti.
"Papa terus berdzikir sampai akhirnya monitor berbunyi," kata Farabi.
Farabi mencoba menguatkan diri setelah dokter resmi menyatakan A Rafiq telah meninggal dunia. "Kami sebetulnya sangat kaget sekali dengan adanya berita ini, tapi Papa selalu berpesan bahwa yang kekal adalah Allah. Papa juga enggak banyak berpesan, kalau pun berpesan sama seperti dulu, hanya meminta anak-anak jaga shalat dan belajar," ungkap Farabi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

20 ORANG TEWAS AKIBAT BANJIR DIJAKARTA

JAKARTA, -- Sampai Minggu (20/1/2013) siang, sebanyak 20 orang tewas dalam bencana banjir di DKI Jakarta sejak 15 Januari. Jumlah ini terdiri dari delapan orang di Jakarta Barat, masing-masing empat orang di Jakarta Timur dan Jakarta Utara, dan masing-masing dua orang di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Mereka meninggal dunia karena tenggelam, tersengat listrik, hanyut, sakit, dan terjebak di lokasi bencana.
"Di Kebayoran Baru ada bayi yang tertinggal di rumah. Dia ditemukan sudah meninggal saat semua sibuk menyelamatkan diri," tutur Kepala Dinas Kesehatan DKI Dien Emmawati, Minggu (20/1/2013) di Jakarta.
Saat ini, penanganan kesehatan terpusat di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Di dua wilayah ini selain jumlah pengungsi yang banyak, sejumlah titik bencana sulit dijangkau tenaga medis.
Di Pluit, kata Dien, ada 2.300 pengungsi karena luapan waduk. Fokus berikutnya di Rawa Buaya Jakarta Barat, di mana 3.000 warga mengungsi karena banjir.
"Kami membutuhkan waktu dua jam sampai ke Muara Baru dari Pluit. Kami di sana untuk memberi pertolongan medis dan logistik. Sesampai di sana tidak ada listrik pada malam hari. Pelayanan baru kami lakukan hari ini," kata Dien.
Dinas Kesehatan selama status darurat banjir di DKI menurunkan 400 dokter, 200 perawat, dan 184 perawat sekolah. Mereka juga dibantu 84 relawan dokter dari Universitas Indonesia dan 20 relawan dokter dari Universitas Trisaksi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

BENGKOANG RAKSASA

MAGELANG - Warga di kaki Gunung Merbabu di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dihebohkan dengan penemuan buah bangkoang raksasa seberat 21 kilogram.

Buah bangkoang raksasa itu ditemukan saat warga gotong royong mamasang saluran pipa air bersih di halaman sebuah rumah di Dusun/Desa Giyanti, Kecamatan Candimulyo. Buah tersebut tumbuh di rumah Siswanto (28) yang juga seorang kepala dusun setempat.

Siswanto, Rabu (16/1/2013), mengatakan, bangkoang raksasa ditemukan saat warga menggali halaman belakang rumahnya. Awalnya, benda tersebut sempat dikira batu. Namun, setelah digali lebih dalam, yakni mencapai satu meter, baru dipastikan bahwa benda tersebut adalah bangkoang.

Menurut Siswanto, ibunya, Wagiyem, pernah menanam bibit bangkoang dua tahun lalu. Namun, dia tidak menyangka bibit tersebut tumbuh hingga sebesar empat kepala orang dewasa itu. Setelah ditimbang, diketahui bangkoang raksasa tersebut memiliki bobot 21 kilogram.

Penemuan bangkoang raksasa itu membuat warga sekitar heboh. Maklum, normalnya berat bangkoang hanya berkisar setengah kilogram. Rumah Siswanto pun ramai dikunjungi warga yang penasaran.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

7 PELAJAR TERGULUNG OMBAK DI PURWOREJO

PURWOREJO- Tujuh pelajar SMPN 34 dan SMK 2 Purworejo, digulung ombak pantai di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Dua korban tenggelam masih dalam pencarian dan lima lainnya selamat.

Dua korban hilang yakni, David Triswantoro (15), siswa kelas IX SMPN 34 Purworejo dan Woro Infantri (17), siswa kelas XI SMK 2 Purworejo. Sementara lima korban selamat diantaranya, Hamzah (17),  Ari (15), Ilham (15), Sentot (17), Heri (17). Mereka berhasil berenang menepi, sehingga tidak terseret ombak.

Peristiwa terjadi ketika tujuh pelajar yang merupakan teman sepermainan itu, pergi ke pantai Patutrejo, Kecamatan Grabag, untuk mandi.

Saat asyik mandi bersama, kedua korban berenang menuju tengah laut. Pada saat bersamaan ombak besar datang menggulung keduanya. Kejadian yang berlangsung singkat itu, membuat kelima rekan korban tak dapat menyelamatkan David dan Woro. Tubuh kedua warga desa Patutrejo itu langsung hilang tertelan ombak.

Menurut nelayan setempat, Karlan, lokasi hilangnya korban diduga merupakan lebeng atau cekungan dasar pantai yang memiliki arus kencang. Saat kejadian ombak tinggi dan  arus di bawah permukaan air mampu menyeret tubuh korban dan menariknya ke dalam laut.

Sementara Kapolsek Grabag, AKP Sugeng, mengatakan, polisi bersama SAR Purworejo, menyisir garis pantai sepanjang tujuh kilometer dari muara Sungai Jali, Keburuhan, Ngombol, hingga Sungai Wawar, Kertojayan, Grabag. Penyisiran akan dilakukan hingga tubuh korban ditemukan. Tim juga mendirikan posko di Pantai Patutrejo dan Keburuhan serta berjaga 24 jam.

Pesisir Pantai Selatan Grabag merupakan kawasan rawan karena ombak besar dan banyak lebeng. Polisi mengimbau desa di pesisir untuk membuat larangan mandi di laut untuk mengantisipasi pengunjung tewas tenggelam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 HARI HANYUT, KARNO DITEMUKAN TEWAS

JAKARTA - Tiga hari hilang, Karno (35) ditemukan di Jembatan Kampung Melayu Kecil, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan.

Karno dikabarkan belum terevakuasi saat banjir melanda Bukit Duri sejak Selasa, 15 Januari 2013. Pihak keluarga menduga Karno hanyut terbawa arus luapan Kali Ciliwung.

Kasubag Humas Polsek Tebet, Aiptu Broto Suarno, mengatakan, warga sekitar yang pertama kali menemukan jenazah Karno. Karno memang sudah dicari warga sejak dikabarkan terhanyut tiga hari lalu.

Jenazah ini ditemukan diantara tumpukan sampah tersangkut di jembatan. Dia ditemukan dalam keadaan membusuk sekira pukul 16.00 WIB.

"Korban ditemukan sudah membiru," kata Broto dikonfirmasi, Jumat (18/1/2013).

Pihak keluarga juga sudah memastikan jenazah ini adalah Karno dari tato yang ada ditangan kanannya serta ciri-ciri yang sesuai dengan waktu korban hilang, kaos putih dan celana biru.

Korban kemudian dibawa ke RSCM untuk kepentingan visum dan nantinya akan diserahkan kembali ke pihak keluarga. Kasus penemuan jenazah ini ditangani oleh Polsek Tebet.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

PENYEBAB TANGGUL LATUHAHARY JEBOL

JAKARTA - Banjir yang menggenangi kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada Kamis 17 Januari lalu, disebabkan jebolnya tanggul di Banjir Kanal Barat (BKB) tepatnya di kawasan Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat.

Namun, hingga kini belum diketahui penyebab tanggul di Latuharhary tersebut bisa jebol. Padahal, kawasan tanggul di BKB baru saja direvitalisasi pada tahun 2009 lalu.

Menurut Direktur Sungai dan Laut Ditjen Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum (Kemen PU), Pitoyo Subandrio, jebolnya tanggul di Latuharhary disebabkan daerah tersebut merupakan bagian hulu BKB. Sehingga terjangan air paling kuat terjadi disana.

"Nah karena yang palin hulu di Latuharhary, maka limpasan terjadi disana yang paling hulu," kata Pitoyo, kepada wartawan, di Kantor Pusat Komando Penanggulangan Bencana Nasional, di Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU), Jalan Patimura, Jakarta Selatan, Jumat (18/1/2013).

Selain itu, kata dia, ketinggian tanggul dikawasan Latuharhary juga belum diganti dengan tanggul yang baru. "Disana masih tanggul tanah," jelasnya.

Pitoyo menjelaskan, tanggul Latuharhary yang jebol tersebut segera akan diganti oleh Kemen PU dan saat ini kontrak pekerjaan sudah berjalan.

Proyek tersebut, sambung Pitoyo, tidak hanya memperbaiki tanggul Latuharhary saja yang jebol, melainkan juga ada proyek penambahan satu daun pintu di Pintu Air Karet, Manggarai dan lubang-lubang dipinggirannya serta normalisasi dari BKN dari Manggarai sampai Istiqlal.

"Nantinya Kanal Barat akan mampu dan siap dialiri air hingga 75 meter kubik perdetik," tegasnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

BPNB TERKENDALA AIR BERSIH AKIBAT BANJIR

JAKARTA,  - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif mengatakan, ada dua kendala yang dihadapi pihaknya saat menangani banjir Jakarta. Kedua kendala itu adalah ketersediaan air bersih dan toilet umum.
"Saat ini kendala yang ada yakni terkait kebutuhan toilet. Meskipun Kementerian Pekerjaan Umum sendiri telah menyediakan sebanyak 800 unit toilet umum, namun karena di atas aspal, pembuangan limbah toilet sangat sulit," kata kata Maarif dalam jumpa pers di Posko Nasional Penanggulangan Bencana, Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Jumat (18/1/2013).
Maarif mengatakan, petugas mengumpulkan limbah toilet, baru kemudian membuangnya. Hal itu, lanjutnya, mengganggu mobilisasi petugas yang masih harus melayani para pengungsi. Sebab, jika limbah toilet tidak segera dibuang, maka hal ini akan menimbulkan kuman penyakit.
"Karena toilet di atas aspal, limbahnya tidak bisa digali. Harus dibuang untuk menjaga toilet tetap higienis," terangnya.
Kendala toilet umum, menurutnya, berdampak pada masalah ketersediaan air bersih. Pengungsi, terangnya, membutuhkan 2.600 meter kubik air bersih itu. Menurutnya, ada 32 unit truk tangki pengangkut air bersih yang sudah dikerahkan.
"Air bersih sangat diperlukan, hanya saja ada kendala perizinan dari PAM. Kita sudah koordinasi agar mobil dapat melayani pengungsi," tandasnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

PLTGU MUARA KARANG TERENDAM BANJIR

JAKARTA, -   Luapan air dari banjir besar di Jakarta menyebabkan sebagian area Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Muara Karang terendam air.
Pembangkit listrik di bagian utara Jakarta tersebut tidak bisa beroperasi optimal. Padahal pembangkit itu merupakan salah satu pembangkit utama yang memasok kebutuhan listrik untuk sebagian wilayah Jakarta. 
"Hal ini menyebabkan pasokan listrik ke Jakarta berkurang dan beberapa area terpaksa dipadamkan" kata Direktur Operasi Jawa Bali PLN Ngurah Adnyana, dalam keterangan pers, Jumat (18/1/2013), di Jakarta. 
Daerah yang terkena dampak pemadaman akibat tergenangnya PLTGU Muarakarang adalah daerah yang disuplai gardu induk (GI) Budi Kemuliaan dan GI Kebon Sirih. Beberapa unit PLTGU saat ini masih bisa beroperasi dengan total daya mampu sekitar 680 Mega Watt (MW).
Adnyana menyatakan, bagi warga masyarakat yang daerahnya tergenang banjir dimohon agar segera mematikan listrik dengan cara menurunkan posisi mini circuit breaker (MCB) atau sekering di meteran listrik.
"Pastikan posisi sekering tersebut dalam posisi off. Matikan juga semua peralatan listrik dengan mencabut kabel dari stop kontak," ujarnya.  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

PASANGAN SELINGKUH DIGREBEK POLISI

BINJAI - Pasangan selingkuh ditangkap Unit Narkoba Polres Binjai saat sedang asyik berpesta sabu-sabu. Pria dan perempuan yang masing-masing sudah memiliki istri dan suami itu juga melakukan hubungan seksual.

ES, pria yang sudah memiliki tujuh anak, warga Desa Lau Mulgap, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, dan Ye, warga Desa Balai Kasih, Kecamatan Kuala, Langkat, ditangkap di sebuah rumah di Pasar Tiga, Desa Padang Cermin, Kecamatan Selesai.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan satu paket sabu-sabu yang dibeli seharga Rp300 ribu serta satu bong.

Kepada petugas Unit Narkoba Polres Binjai, Ye mengaku khilaf hingga mengecewakan suaminya.

“Aku masih sayang sama suami,” kata Ye, Kamis (17/1/2013)

Kasat Narkoba Polres Binjai, AKP Achiruddin Hasibuan, mengatakan, pasangan selingkuh itu ditangkap polisi berdasarkan laporan warga. Warga curiga akan aktivitas seks dan narkoba di rumah milik teman ES itu.

Keduanya terancam dijerat dengan UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara sedikitnya empat tahun. Keduanya juga akan diperiksa terkait perselingkuhan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ISTRI ANGGOTA DPR BANTU KORBAN BANJIR

JAKARTA - Kepedulian terhadap para korban banjir terus mengalir dari berbagai penjuru. Kali ini para istri anggota DPR yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Istri (FSI) FPKB DPR RI, menyalurkan bantuan kepada para korban banjir.

"Kali ini kita memberikan bantuan ke beberapa tempat yang terkena banjir di ibu kota, seperti di Kalibata, Rawajati, Cawang, dan Pulo Gadung,” kata Ketua FSI Ari Haryati Marwan, Jum'at (18/01/2013).

Pemberian bantuan kepada para korban banjir juga dihadiri Roestini Muhaimin, Ketua Umum DKN Garda Bangsa M Hanif Dhakiri, dan Ketua DPC PKB Jaksel, Jaktim, Jakpus, dan pengurus lainnya.

Bantuan yang diberikan kepada para korban banjir berupa susu bayi, makanan bayi, selimut, biskuit, kopi, teh, baju layak pakai, karpet, dan lain sebagainya. Bantuan disalurkan lewat posko bencana yang dikelola kecamatan dan muspika setempat dengan saksikan oleh para korban banjir.

"Kegiatan ini sebagai komitmen dan tanggung jawab PKB terhadap masyarakat bawah yang sedang dilanda musibah, semoga dengan kegiatan ini PKB mendapat berkah dan manfaat kelak," kata Roestini, istri Muhaimin Iskandar.

“Orang yang lagi kena musibah doanya didengar dan diterima Allah, Insya Allah," imbuhnya.

Di samping memberikan bantuan, rombongan FSI juga menyempatkan berkunjung ke tenda-tenda pengungsi untuk menyapa secara langsung para korban banjir dan mendengar keluh kesahnya.

"Masih banyak kebutuhan yang belum tercukupi dengan bantuan ini, untuk itu mohon kawan-kawan  yang ingin membantu, mereka akan senang hati menerimanya" ujar Ari Haryati sebelum meninggalkan lokasi pengungsian.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

SATU KELUARGA TEWAS AKIBAT BANJIR

SEMARANG- Seorang ayah beserta tiga anaknya tewas bersamaan akibat akibat banjir di Semarang, Jawa Tengah. Diduga keempat korban tewas akibat tersengat aliran listrik yang merambat melalui genangan banjir di rumahnya.

Para korban tewas yakni, Agus Susanto (50), dan tiga anaknya, Regina (18), Nicolas (12) dan Alexandro (10). Mereka merupakan warga Perumahan Muktoharjo Indah Jalan Murtigraha B-12 RT 05/15, Kelurahan Muktiharjo Kidul, Kecamatan Pedurungan.

Seorang saksi kejadian, Rico Hastono (19), menemukan korban tergeletak di dalam rumah, Rabu 16 Januari malam. Pintu rumah terkunci, sementara sejumlah lampu menyala.

"Saya hanya berani menengok dari jendela dan saya melihat mereka sudah tergeletak di dalam rumah. Spontan, saya minta tolong Pak RT dan warga untuk mendobrak pintu," kata Rico, yang merupakan pacar Regina.

Rico mengaku terakhir menghubungi korban Rabu pagi sekira pukul 10.00 WIB. Dia juga sempat meminta Regina mengungsi

Ketua RT 05/15, Budi Hastono, lalu mendobrak pintu rumah korban bersama sejumlah warga. Mereka menemukan para korban tergeletak di tempat terpisah.

Korban Agus tergeletak di lantai depan lemari es bersama Nicolas, Regina di atas kursi, sementara Alexandro tergeletak di samping kursi.

"Ada bercak di darah di tubuh korban Agus," kata Budi Hastono.

Warga mengatakan, banjir menggenang di kawasan tersebut sejak dua hari terakhir. Korban Agus, yang diketahui seorang pegawai bank itu, sudah beberapa hari ini tidak terlihat.

Kapolsek Pedurungan, Kompol Yudhi Arto Wiyono, di lokasi mengatakan, masih menyelidiki kejadian itu.

"Kami masih menyelidiki penyebab pasti kematian korban," kata Kapolsek.

Guna penyelidikan, jasad keempat korban dibawa ke kamar mayat RSUP Dr Kariadi untuk divisum.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS